SMSI

SMSI
Jumat, 27 Januari 2023, 11:48 WIB
Last Updated 2023-01-29T04:51:37Z
Food EstatePakpak BharatPertanian

Pakpak Bharat Dorong Percepatan Food Estate

Pengecekan progress pengembangan lahan areal food estate. (Foto/Istimewa)

PAKPAK BHARAT - nduma.id


Utusan khusus Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Van Basten kembali mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat, Kamis 26 Januari 2023.


Kedatangan Van Basten guna melihat langsung kemajuan dan progress pengembangan lahan areal food estate di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu.


Kedatangan kali ini Van Basten mengajak serta perwakilan PT. Parna Raya yang akan menjadi mitra Pemerintah dalam menggarap lahan food estate ini.


Sebelum meninjau lahan food estate, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengadakan rapat terbatas dengan Tim Kemenko Marves dan perwakilan PT. Parna Raya, Prabowo di Ruang kerja Bupati Pakpak Bharat.


Beberapa hal penting dibicarakan kembali diantaranya rencana jangka panjang program food estate, pendanaan, berbagai sumber daya yang diperlukan dan sebagainya.


“Sebaiknya program ini kita laksanakan secara bertahap sesuai kemampuan yang kita miliki, Saya akan membantu meyakinkan pihak investor agar jangan mereka jangan terburu-buru menarik dana mereka, agar mereka terus berinvestasi dalam jangka panjang, serta terus menambah nilai investasi di Pakpak Bharat,” ungkap Van Basten.


Program food estate sendiri dibangun oleh Pemerintah guna membantu mengurangi ketergantungan pangan Nasional terhadap Negara lain.


Program ini digarap melalui kerja sama Pemerintah Pusat, Daerah, masyarakat dan offtaker atau Investor.


Infrastruktur untuk keperluan di area food estate ini akan disediakan oleh Pemerintah, lahan sebagai areal pertanian disediakan oleh masyarakat, serta modal usaha pertanian akan disuplai oleh offtaker.


“Harapan kami di Pakpak Bharat bisa lebih baik, baik dari sisi lahan, juga kesiapan petaninya. Nantinya kami juga harapkan kita bisa bersama-sama melakukan riset tentang kesiapan lahan, kebutuhan saprodi dan sebagainya,” ucap Prabowo, perwakilan PT.Parna Raya dalam pertemuan itu.


Bupati Pakpak Bharat kemudian mengajak seluruh rombongan melihat langsung kondisi terkini lahan food estate di Desa Ulumerah.


Sembari berkeliling area food estate mereka melihat berbagai kesiapan pendukung termasuk infrastruktur, jalan, pergudangan dan sebagainya.


“Lahan yang sudah tersedia sekarang ini sebaiknya segera diproses dan langsung ditanami, kita tidak perlu memasang target besar, harus dengan luasan tertentu, tidak perlu, yang penting nanti berkesinambungan terus,” pesan Prabowo.


Dalam pertemuan dengan puluhan Calon Petani Calon Lahan (CPCL) yang akan menjadi mitra bersama nantinya yang digelar di Desa Ulumerah siang harinya, Van Basten menjelaskan beberapa skema kerja sama dengan pihak offtaker yang bisa menjadi pilihan.


“Masyarakat silahkan memilih skema ini, yang mana kira-kira yang lebih menguntungkan, silahkan saja dibicarakan dari sekarang,” ungkapnya.


Bapak ibu sekalian tidak perlu ragu-ragu, bagi kami dari PT.Parna Raya balik modal saja sudah untung, kerja sama ini kami ambil sesungguhnya adalah bentuk kontribusi kami dalam ikut serta membangun Negeri ini,” pungkas Prabowo.


Penulis : Raden

Editor : Rudi