Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 26 Januari 2023, 21:37 WIB
Last Updated 2023-01-26T14:37:54Z
PetaniTOBATPL

Plasma Intercrop Sektor Habinsaran Terima Bantuan Bibit Jagung dari TPL

Penyerahan bantuan bibit Jagung di Desa Simare Kecamatan Habinsaran. (Foto/James Sirait)

TOBA-nduma.id


PT. Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Habinsaran kembali menyalurkan dukungan berupa pemberian bantuan bibit Jagung di Desa Simare Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba, Kamis 26 Januari 2023.


Bantuan diberikan dalam rangka kerjasama program Intercrop Eukaliptus dan Tanaman Kehidupan.


Community Development (CD) Officer TPL Sektor Habinsaran Alexander Sitorus mengatakan program ini bertujuan guna meningkatkan produktivitas lahan sehingga petani bisa memperoleh tambahan penghasilan. 


“TPL hadir berkontribusi memberikan dukungannya dalam bantuan material dan juga pendampingan agar program yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan," kata Habinsaran.


Bantuan yang di salurkan itu berupa Benih Jagung sebanyak 17 Kilogram dan yang diterima oleh Japadang Hutapea, Plasma Intercrop. 


"Program ini dilakukan sejalan dengan visi perusahaan, yaitu Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat,” terang Habinsaran Alexander Sitorus.


Penerima bantuan Japadang Hutapea berpandangan bahwa di sekitar tumbuhnya pohon Eucalyptus, kontur tanah bisa menjadi rusak dan tumbuhan lain tidak bisa tumbuh dengan baik.


Ternyata, setelah mendapat penjelasan dan melihat langsung, beliau tertarik untuk mengikuti program Intercrop ini.


“Banyak tanaman yang bisa diusahai diantara tanaman Eucalyptus, saya sangat tertarik untuk mengembangkannya, terutama tanaman jagung yang saya lihat sangat bagus dan cocok di wilayah ini.” tutur Japadang Hutapea


Dia mengapresiasi TPL yang sudah bermitra dengan masyarakat.


“Terimakasih banyak kepada pihak TPL yang sudah bermitra dengan masyarakat, kami merasa terbantu dari segi ekonomi dengan kemitraan ini,” ujar Japadang.


Kerjasama ini menurut Japadang menjadi langkah yang baik untuk kedepannya, dan TPL akan terus memperkuat pola kemitraan dengan masyarakat sekitar wilayah operasionalnya, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat serta dampak positif kehadiran perusahaan.


Program Intercrop TPL adalah program tumpang sari dengan menanam berbagai tanaman kehidupan diantara tanaman Eucalyptus yang dilakukan dengan pengaturan jarak tanam dari tanaman Eucalyptus dan tanaman kehidupan. 


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi