DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Rabu, 11 Januari 2023, 20:14 WIB
Last Updated 2023-01-11T13:14:29Z
DairiPetaniPupukSoksi

Soksi Dorong Petani Dairi Beralih Dari Konsumen Jadi Produsen Pupuk

Temu Tani dengan Ketua Umum Depinas SOKSI. (foto / Fajar Gunawan)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Ketua Umum Depinas SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), Ali Wongso Sinaga temu tani dengan para kelompok tani di gedung Nasional Djauli Manik Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Rabu (11/1/2023).


Politisi Golkar itu mendorong para petani di Kabupaten Dairi beralih dari konsumen pupuk menjadi produsen pupuk, mengantisipasi terjadi kelangkaan pupuk.


"Kami dari Depinas SOKSI sangat merespon giat ini sebagai sebuah solusi, yang kami berikan adalah bagaimana petani masing-masing  yang tadinya konsumen pupuk bisa menjadi produsen pupuk,” kata Ali Wongso.


Dia mengatakan pihaknya akan mendorong petani di Dairi memproduksi  pupuk secara mandiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekelilingnya.


“Tadi sudah dijelaskan teknis cara pembuatannya, baik pupuk hayati majemuk yang menyuburkan tanah maupun pupuk HCL yang akan membuat tanaman berbuah lebih baik. Kita mulai tidak ada kekurangan pupuk di Dairi, caranya petani kita siapkan untuk membuat pupuk sendiri,” tutur Ali Wongso.


Pertemuan dengan para petani itu katanya memang diprakarsai Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu.


Ali Wongso Sinaga mengapresiasi semangat dan kemauan Bupati Dairi menolong petani mengatasi masalah kelangkaan pupuk bersubsidi, khususnya di Dairi.


“Sesuai usul bupati akan dibuat Training Of Trainer. Jadi akan dilatih dari perwakilan desa untuk menjadi pelatih di desa masing-masing untuk membuat pupuk sendiri,” sebut Ali Wongso.


Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, menghadirkan SOKSI membantu masalah petani di Dairi.


"Kita sudah mendatangkan Pusri untuk mengatasi masalah pupuk, tetapi belum tuntas karena masalah harganya yang mahal. Jadi Hari ni kita sangat bersyukur dengan kehadiran SOKSI dan jajaran untuk melatih dan memberi solusi kepada para petani di Dairi," kata Eddy Berutu.


Eddy mengaku gembira karena petani dinilai merespon.


“Tadi sudah dijelaskan cara pembuatan pupuk organik oleh bapak Tony Purba dari bidang pertanian SOKSI,” ujar Eddy.


Pertemuan dengan petani itu juga dalam rangka meningkatkn ketahanan pangan di Sumatera Utara.


Giat dirangkai dengan kegiatan donor darah, dimana Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu ikut mendonorkan darahnya.


Dalam kegiatan ini juga hadir pihak perbankan dari Bank BRI dan Bank Sumut sebagai akses permodalan, agar petani tidak kekurangan modal.


Bank kata Eddy bisa menyalurkan Kredit Usaha Rakyat sesuai kebijakan pemerintah.


Reporter : Fajar Gunawan

Editor : Rudi