Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 01 Februari 2023, 13:09 WIB
Last Updated 2023-02-02T06:11:09Z
BasarnasDanau TobaF1H2OMedan

Basarnas Rapat Lintas Sektoral di Medan Persiapan Event F1H2O

Suasana Rapat lintas Sektoral di Kantor Basarnas Medan. (Foto/Basarnas).

Medan - nduma.id


Jelang pelaksanaan event F1H2O di Danau Toba Kabupaten Toba, sejumlah persiapan terus dilakukan. Di Medan, Basarnas menggelar rapat lintas sektoral bersama instansi terkait.


Selasa 31 Januari 2023, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, memimpin langsung rapat persiapan bersama Instansi terkait dalam rangka simulasi pengamanan event F1H2O di Danau Toba.


Agus mengatakan Rapat itu membahas secara spesifik terkait pelaksanaan simulasi pengamanan khususnya di bidang SAR.


Dimana ketua PAM SAR adalah Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas.


"Basarnas telah siap dalam mendukung penyelenggaraan event F1H2O ini, dengan memaksimalkan pengerahan personil, Alut dan peralatan." ucapnya. 


Pertemuan bertujuan agar semua instansi yang terlibat memiliki persepsi dan tujuan yang sama.


"Sehingga dihasilkan keputusan dalam pembagian personil,  Alut dan peralatan yang disebar disetiap titik-titik disekitar lokasi Balap F1H2O," tukasnya.


Kepala Kantor SAR Medan Budiono, mengatakan Kantor SAR Medan akan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan event F1H2O baik dukungan personil, Alut maupun peralatan. 


"Danau Toba merupakan wilayah kerja Kantor SAR Medan, sehingga dengan adanya event F1H2O ini, Kantor SAR Medan juga akan hadir sebagai tuan rumah untuk berkoordinasi dari berbagai instansi yang terlibat," sebut Budiono.


Untuk pengamanan kata Budiono akan digelar simulasi TFG atau Tactical Floor Game yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2023 mendatang.


" Ini sebagai wujud keseriusan Basarnas melalui Kantor SAR Medan dalam upaya mendukung penyelenggaraan balap tersebut," terangnya. 


Peserta rapat terdiri dari unsur TNI AD, TNI AL, Polairud, Ditsamapta Poldasu, Dinas Kesehatan, BMKG, BPBD Provsu, Brimob Polda Sumut. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi