SMSI

SMSI
Kamis, 09 Februari 2023, 21:45 WIB
Last Updated 2023-02-10T08:12:19Z
JokowiSiantarTerminal

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tanjung Pinggir

Presiden Jokowi saat meresmikan terminal Tanjung Pinggir. ( Foto/Istimewa).

Pematang Siantar - nduma.id


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematang Siantar, Kamis 9 Februari 2023.


Jokowi mengatakan fasilitas terminal bus yang baik sangat dibutuhkan masyarakat. 


Jokowi tidak ingin ada terminal yang kotor dan banyak preman.


"Sehingga fasilitas yang namanya terminal bus yang baik, yang bersih, yang nyaman, yang para penumpang itu tidak seperti terminal-terminal yang lalu lalu, yang kotor, yang banyak premannya, siapa yang mau naik bus, kalau hal tadi masih terjadi," ujar Jokowi.


Jokowi mendorong masyarakat menggunakan transportasi massal. 


Dia mencontohkan Jakarta yang sudah memulai menggunakan MRT.


"Di Jakarta sudah kita mulai MRT, sebentar lagi LRT jadi, sebentar lagi kereta cepat antarkota Jakarta-Bandung juga selesai," ujar Jokowi.


Jokowi berharap kota-kota lainnya di Indonesia mulai berpikir untuk membangun MRT hingga LRT. 


Jika tidak demikian, Jokowi mengatakan kemacetan akan terus terjadi.


"Dan kita harapkan kota-kota besar di luar Jakarta harus mulai berpikir ke arah LRT, MRT dan moda transportasi massal lainnya. Kalau tidak kedahuluan macet, jalan tidak bisa dilebarkan akhirnya semua orang akan sangat tergantung pada yang namanya kendaraan pribadi," ujar Jokowi.


Jokowi berharap budaya menggunakan transportasi massal meningkat setelah adanya pembangunan Terminal Amplas dan Terminal Tanjung Pinggir. 


Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan terminal Amplas di Medan dan terminal Tanjung Pinggir dibiayai khusus dengan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang merupakan fasilitas pembiayaan dari Kementerian Keuangan.


Namun untuk pengembangan lebih lanjut membutuhkan pembiayaan dengan swasta.


"Saat ini kita sudah membangun sebagian, sebagian lagi kita bangun dengan creative financing bekerja sama dengan swasta," kata Budi Karya.


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani berharap masyarakat bersama-sama menjaga dan memelihara Terminal Tanjung Pinggir serta fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di dalam terminal, yang telah dibangun Kementerian Perhubungan.


dr Susanti juga berharap operasional Terminal Tanjung Pinggir bisa berjalan optimal sebagaimana layaknya fungsi terminal. 


Penulis  : Ari

Editor : Rudi