Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 06 Februari 2023, 23:20 WIB
Last Updated 2023-02-12T08:48:13Z
PetaniSamosirUMKM

Bupati Samosir Berkantor Bersama Kepala Desa Aek Nauli

Bupati Samosir di Desa Aek Nauli. (Foto/Istimewa)

SAMOSIR – nduma.id


Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom berkantor di Desa Aek Nauli.


Disana Dia meninjau lokasi pertanian cabai merah yang dikelola kelompok Tani Lambue.


Bertemu langsung dengan petani serta panen bersama sekaligus membeli cabai merah milik petani.


Bupati  mengharapkan, kedepan petani cabai merah dapat menggunakan pupuk organik, karena hasilnya juga bagus dan memuaskan. 


"Saya merasa senang dengan kunjungan Bupati, bukan karena pangkat atau kekayaan saya, namun Bupati dan Camat berkenan hadir melihat lahan kami," ungkap Rusmaida, Senin (06/02).


Rusmaida Sihombing adalah petani cabai merah kelompok tani Lambue.


Dia mengaku bangga dengan kehadiran bupati dan berharap perhatian pemerintah untuk membantu dalam pembuatan pupuk organik. 


Berkantor di Desa Aek Nauli, Bupati Samosir meninjau produk UMKM Bangkit Marlumba diantaranya, anyaman, keripik Ubi Jalar, Keripik Kentang dan kue basah hasil kerajinan masyarakat setempat.


Program Bunga Desa yang dicanangkan Bupati Samosir memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat, antara lain pelayanan kesehatan gratis, bantuan makanan tambahan kepada balita, pemberian makanan tambahan kepada Bumil, pelayanan administrasi kependudukan, pembukaan jalan usaha tani, penyuluhan KB.


Kemudian sosialisasi pembuatan pupuk organik, bantuan pertanian, bantuan pendidikan, pengurusan izin berusaha, pelayanan pengurusan BPJS, Vaksin Rabies serta berbagai program pelayanan lainnya. 


Seluruh pelayanan yang dinikmati masyarakat Desa Aek Nauli gratis.


Warga menyampaikan kebutuhan dari sisi pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana.


Meminta prioritas perbaikan jalan protokol untuk menunjang kemudahan akses bagi tenaga pendidik, masyarakat dan anak sekolah.


"Kami berharap jalan protokol dapat diperbaiki. Kami sadar dengan anggaran terbatas, kalau tidak bisa hotmix, sirtunisasi pun sangat kami harapkan," kata Jhonny warga disana.


"Kami merindukan seorang Bupati yang benar-benar ingin melihat secara langsung masyarakatnya. Memberi perhatian dan membantu," kata Pelmen.


Penulis : Rudi

Editor : Novel