Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 04 Februari 2023, 23:18 WIB
Last Updated 2023-02-04T18:34:41Z
Danau TobaGeositeHPNKalderaSMSITaput

Figur di Balik Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Sambut HPN 2023

Erris Napitupulu. (Foto/Istimewa)

TAPUT, Muara — nduma.id


Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dimulai hari ini, 4 Februari 2023.


Hari pertama, rombongan Pemilik Media Siber dari berbagai daerah di Nusantara menjajal Geosite di Tapanuli Utara tepatnya di Kecamatan Muara.


Eris Napitupulu, Ketua SMSI Sumut mengatakan, Ekspedisi di gelar mulai 4 Februari 2022 hingga 6 Februari 2023 mendatang.


Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional tahun 2023 dimana Sumatera Utara menjadi tuan rumah.


" Ini juga untuk mendukung dan mempertahankan predikat Unesco Global Geopark pada Geopark Kaldera Toba. Ekspedisi mengunjungi geosite-geosite Danau Toba," ujar Erris.


Erris adalah ketua SMSI Sumatera Utara sekaligus Ketua Pelaksana Ekspedisi Geosite Kaldera Toba menyambut HPN 2023 di Sumatera Utara.


Pemimpin Redaksi topmetronnews.com dan Koran TOP METRO itu mengkonsep acara bersama tim SMSI Sumut.


Para tokoh, sesepuh, ahli bumi dan wisata sudah dipersiapkan sebagai narasumber.


Ekspedisi ini di apresiasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony, General Manager Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT). 


“Ini memang yang menjadi tujuan kita yang utama, mendukung keberadaan Geopark Kaldera Toba, sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG), atau penghargaan dan predikat sebagai taman warisan bumi yang diberikan UNESCO-PBB ke Sumut," ujar Zumri.


Sekarang, kata Zumri, fokusnya

adalah melaksanakan 6 rekomendasi UNESCO untuk pengembangan GKT. 


"Ke enam rekomendasi tersebut, juga untuk kesiapan kita mengikuti revalidasi GKT. Sebab setiap 4 tahun sekali, predikat kita sebagai UGG dievaluasi UNESCO. Tentu dengan dukungan sahabat-sahabat SMSI, pengerjaan enam rekomendasi ini semakin mudah ," ujar Zumri.


GKT dikatakan sangat potensial dikembangkan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Sumut, khususnya di daerah-daerah yang berada di kawasan Danau Toba. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi