Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 11 Februari 2023, 16:12 WIB
Last Updated 2023-02-12T09:13:52Z
Danau TobaSamosirWisata

Bupati Samosir Terima Keluhan Warga Bonandolok

Vandiko menyapa warga Bonandolok. (Foto/Istimewa)

SAMOSIR, Sianjur Mula-mula – nduma.id


Bupati Samosir Vandiko T. Gultom  berkantor di Desa Bonandolok-Kecamatan Sianjur Mula mula, Jumat 10 Februari 2023. 


Kepala Desa Bonandolok Tumotortius Siboro,  menyambut kehadiran Bupati Samosir.


"Kami merasa senang dengan kehadiran Bupati yang  merakyat , kami berharap pembinaan dan pembangunan di Desa Bonandolok," kata Belman.


Belman mengungkap potensi wisata di Binanga Sitapigagan namun masih perlu dukungan infrastruktur terutama pembangunan jembatan.


Belman berharap pembangunan jembatan yang terbengkalai di Bonandolok dapat terwujud agar wisata Sitapigagan semakin mudah diakses, sehingga objek tersebut semakin diminati. 


Senada diucapkan Lirjon Sagala, kehadiran bupati diharapkan akan membawa kemajuan.


Bonandolok dengan keindahan perlu didukung pembangunan infrastruktur terutama akses jalan.


Selain itu, masyarakat meminta perbaikan infrastruktur pendidikan, penambahan tenaga pengajar (guru), penempatan guru di perumahan yang telah disediakan untuk memaksimalkan pendidikan yang berkualitas.


Bupati Samosir memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat Desa Bonandolok diantaranya, pelayanan kesehatan gratis, pelayanan administrasi kependudukan, pemberian BPJS gratis, pelayanan pengurusan BPJS gratis, pengurusan izin berusaha, penyuluhan KB, sosialisasi pembuatan pupuk organik dan berbagai program dinas pertanian, bantuan pertanian berupa pupuk organik cair dan padat, bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi  serta berbagai program pelayanan lainnya. 


"Kami datang untuk melayani, bukan untuk dilayani, kehadiran kami untuk membantu desa, membawa berbagai pelayanan kepada masyarakat," ungkap Vandiko.


Selain memberikan pelayanan, Bupati Samosir juga ingin memastikan pelayanan yang dilakukan pemerintah Desa berjalan dengan baik.


"Saya harus turun kelapangan, melihat secara langsung. Mendekatkan pelayanan dan pembangunan kepada masyarakat. Bertemu dengan masyarakat membuat semangat saya bertambah" kata Vandiko.


Sebagai bentuk perhatian ke Desa Bonandolok, Bupati Samosir  memberikan anggaran pembangunan 100 juta untuk pembangunan irigasi.


"jadi kami bukan hanya datang saja, tetapi betul-betul membawa pembangunan," tambah Vandiko.


Menanggapi keluhan masyarakat, Bupati Samosir akan mengalokasikan penambahan tenaga pengajar  melalui pegawai P3K yang sudah lulus.


Bupati Samosir menjelaskan bahwa APBD Kabupaten Samosir masih minim.


Akan tetapi  dengan memanfaatkan anggaran yang minim  pembangunan harus tetap berjalan.


Untuk itulah dilakukan pembangunan dengan kreatifitas, perbaikan infrastruktur jalan minimal dengan sirtunisasi sehingga jalan dapat digunakan secara fungsional.


Terkait jembatan Bonandolok yang sudah lama terkendala, Bupati mengusulkan agar dimasukkan dalam musrembang desa sehingga dapat diprogramkan untuk pembangunan tahun depan. 


Pembangunan jembatan akan menjadi prioritas kedepan, mendukung potensi wisata yang ada di Bonandolok sekaligus penyambung akses, sehingga jalan yang sudah ada dapat dilalui secara maksimal.


"Pembangunan jembatan, kami tunggu usulan dalam musrembang desa. Sehingga tahun depan bisa dibangun" tegas bupati. 


Penulis : Rudi

Editor : Novel