Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 23 Februari 2023, 10:24 WIB
Last Updated 2023-02-26T03:32:02Z
DairiDekranasdaTenun Silalahi

Fashion Show Tenun Ulos Silalahi Meriahkan Gala Dinner F1H2O

Sandiaga Uno menenun ulos dengan alat tenun di Silahisabungan. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Fashion Show Tenun ulos Silalahi dari Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, akan meriahkan acara gala Dinner ajang balap air dunia F1H20 atau F1 PowerBoat Lake Toba.


Acara bertajuk “Dairi’s Cultural Night Dinner” itu akan digelar di Toba Ballroom Labersa Hotel, Kabupaten Toba, Sabtu, 25 Februari 2023 mendatang mulai pukul 18.00 WIB.


“Tenun ini berasal dari Kecamatan Silahisabungan dengan 3 kultur yaitu Pakpak, Toba, dan Simalungun. Perpaduan 3 kultur ini menjadikan warna dan corak ulos Silahisabungan berbeda dan unik,” ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu, Rabu (22/2/2023).


Selain Fashion Show pihaknya juga akan melaunching diversifikasi sepatu dari tenun ulos Silalahi.


“Sepatu ini sudah dikembangkan menjadi produk fashion kain menggunakan pewarna alami, sol sepatu menggunakan sampah plastik yang sudah daur ulang dan diproduksi bersama Aur yang bertekad mengangkat tenun Batak agar menjadi kebudayaan Indonesia,” sebut Romy.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dalam acara gala dinner nanti, para pembalap F1H20 dan tamu lainnya akan terhibur dan menikmati sajian atraksi budaya dari 8 puak yang ada di Sumatera Utara, khususnya tarian Pakpak Dairi.


Para tamu juga akan menikmati sajian makanan khas Batak.


“Kami akan memberikan yang terbaik untuk seluruh tamu kami dalam acara gala dinner ini nantinya, baik pembalap maupun tamu VIP. Kami yakin mereka akan terhibur dan menikmati sajian yang kami berikan. Kami juga berharap semoga para pengusaha yang hadir dalam acara business matching tertarik dengan potensi investasi di Kabupaten Dairi,” ucap Bupati.


Penulis : Raden

Editor : Rudi