SMSI

SMSI
Selasa, 28 Februari 2023, 17:57 WIB
Last Updated 2023-03-01T11:14:22Z
Kawasan Pertanian TerpaduMenteri PertanianSamosir

Mentan Tanam Perdana Kentang di Kawasan Pertanian Terpadu Samosir

Pemberian bantuan secara simbolis. (Foto/Istimewa)

SAMOSIR, Harian – nduma.id


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Tanam Perdana Kentang di Kawasan Pertanian Terpadu di Desa Hariara Pintu Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Selasa 28 Februari 2023.


Kedatangan Rombongan di Kawasan Pertanian Terpadu ini di sambut para kelompok tani dengan tarian tortor Batak.


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, memuji terobosan baru Bupati Samosir ini.


Syahrul melihat lahan di Kabupaten Samosir bagus dan menilai Kabupaten Samosir akan dapat melangkah lebih cepat dengan menjalin kerjasama mulai dari desa.


“Lahannya bagus bangat. Terobosan ini sangat baik dan langkah tepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samosir, manfaatkan sumber daya yang diberikan Tuhan” ucap Syahrul.


Dia berharap Kabupaten Samosir menjadi lokomotif membangkitkan pertanian dan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia khususnya di Sumut.


“Lahan di Samosir jauh lebih baik dari tempat lain, di daerah lain lebih banyak batu dari tanah, air, rawa susah dikendalikan. Tapi di Samosir dengan lahan yang bagus pasti hasilnya bagus,” pungkasnya.


Dia berharap kedepan tidak ada sengketa terkait lahan, karena dari pengalaman, Sumatera Utara Rentan dengan permasalahan.


“Lahan harus clear, jangan ada masalah, orangnya atau petani harus jelas dan dikelompokkan, sehingga mudah untuk dilatih,” tuturnya.


Bupati Samosir Menjelaskan Kawasan Pertanian Terpadu itu sudah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Samosir Nomor 254 Tahun 2022 tentang penetapan lokasi pengembangan Kawasan Pertanian terpadu di Samosir.


Dengan Luas lahan Kawasan Pertanian hingga 2.650 Hektar.


Untuk Tahun 2023, Kawasan Pertanian Terpadu direncanakan seluas 234 Ha dan sisanya akan dituntaskan secara berkelanjutan.


Peluncuran Kawasan Terpadu ini di tandai dengan penanaman perdana Bibit Kentang Menteri Pertanian bersama Bupati Samosir, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, Dirjen Hortikultura, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Sarana dan Prasarana Kementan RI, Kadis Ketapang, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara.


Di Hadiri oleh para kelompok tani, PPL, pemerintah Kabupaten Samosir dan di warnai dengan pemberian bantuan bibit dan peralatan Peralatan dan Mesin Pertanian.


Penulis : Rudi

Editor : Gib