Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 05 Februari 2023, 12:46 WIB
Last Updated 2023-02-05T05:46:36Z
SMSITaputUniversitas

SMSI Dukung Berdirinya Universitas Negeri di Taput

Perjanjian kerjasama pemkab Taput dan SMSI. (Foto/Istimewa).

TAPUT, Muara - nduma.id


Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan menandatangani perjanjian kerjasama terkait pendirian Universitas Tapanuli Raya di Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara.


Perjanjian ditandatangani Bupati Nikson Nababan, dan Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus, di Aula Hotel GNB di Muara, Sabtu malam  4 Februari 2023.


Acara di rangkai silaturahmi peserta Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Hari Pers Nasional 2023 SMSI. 


Nikson mangaku pentingnya pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya. 


Sejak dilantik menjabat Bupati Taput pada tahun 2014 hingga saat ini, janji politiknya secara bertahap telah direalisasikan. 


Prioritas pembangunan dimulai dari desa, seperti infrastruktur di daerah-daerah terisolir.


"Infrastruktur kita bagusi, pertanian kita tingkatkan, sektor UMKM, kesehatan, dan lainnya, tapi tetap saja pertumbuhan ekonomi paling satu atau dua digit," ujar Nikson.


Karena itu, menurutnya perlu penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai investasi masa depan. 


Dengan menghadirkan pendidikan tinggi yang holistik, pendidikan tinggi yang dekat bagi generasi muda di kawasan Tapanuli Raya.


"Setiap hasil panen, langsung transfer ke luar kota, setiap gajian langsung transfer juga, sehingga uang kita mengalir ke luar, perputaran ekonomi melambat. Jadi tolonglah kami pak, mari kita dukung percepatan pendirian universitas negeri umum ini," ujar Nikson.


Dukungan istri, Satika Simamora, sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranas Taput, selama 9 tahun ini mengabdikan diri untuk masyarakat Taput. 


"Namun pengabdian itu belum lah berakhir dan masih terus berlanjut hingga akhir masa jabatan nantinya. Ada program-program yang sangat dibutuhkan masyarakat Taput yang belum terealisasikan hingga saat ini, yakni memiliki perguruan tinggi negeri umum," ucap Nikson Nababan. 


Melalui kerjasama dengan SMSI, Nikson berharap dukungan dari para jurnalis dan media, agar dapat mendorong pemerintah pusat untuk merealisasikan segera terwujudnya Universitas Tapanuli Raya.


"Tentunya dukungan itu melalui karya jurnalistik dari rekan-rekan SMSI agar pemerintah dapat segera mewujudkan impian masyarakat Taput memiliki sarana pendidikan yang maju dan memadai," bebernya.


Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus, menyambut baik program pendirian Universitas Tapanuli Raya. 


"Pak Bupati, terkait dengan perjanjian kerjasama tadi, kami tentu mendukung dan ikut mendorong percepatan pendiriannya," ujar Firdaus.


Ketua SMSI Sumut, Erris Napitupulu mendukung dengan ikut membantu pendirian universitas negeri umum tersebut. 


"Dan ini juga sudah kita bahas lama dengan Pak Bupati. Artinya sejak awal juga SMSI mendukung dan ikut mendorong percepatan pendirian universitas ini," ujar Erris. 


Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang didukung Pemprov Sumut, Pemkab Taput, PT Agincourt Resources Tambang Emas Martabe dan lainnya, berlangsung 4-7 Februari 2023 dalam rangka menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi