Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Jumat, 10 Februari 2023, 18:46 WIB
Last Updated 2023-02-19T11:49:19Z
DairiGerajaPengantin

Usai Pemberkatan, Pengantin Baru di Sidikalang Langsung Terima Akta Perkawinan

Pengantin baru terima akta perkawinan dari Dukcapil Dairi. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Tiga pasang pengantin baru menerima akta perkawinan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi setelah mendapat pemberkatan kudus dari Pemuka Agama Kristen Protestan di Dua Gereja yang berbeda, Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, Jumat 10 Februari 2023.


Ketiga pasangan tersebut dua diantaranya melangsungkan pernikahan di Gereja HKBP Perkembangan yaitu pasangan Marudut Jan Arisa Simanjuntak dengan Supri Dewi Berutu, selanjutnya pasangan Anggiat Saroha Siannipar dengan Rica Marthasari, dimana Pdt. John V.P. Simbolon, S.Th bertindak sebagai pemuka agama kristen yang memberkati kedua pasang pengantin tersebut dengan waktu berbeda.


Sedangkan, pasangan George Paulus Murdiono Sianturi dengan Desi Mariaty Padang, menikah di Gereja Bethany Indonesia Jemaat Sidikalang, mendapat pemberkatan Pdt. Maroli Widodo Sagala.


Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, mengatakan ini merupakan wujud kerja nyata dan kerja tuntas Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam mendekatkan pelayanan dan menghadirkan pelayanan ditengah - tengah masyarakat.


“Hari ini dilaksanakan penyerahan akta perkawinan langsung kepada tiga pasang pengantin baru yang melaksanakan pernikahan di kecamatan sidikalang. Inilah program pelayanan langsung atau pelayanan jemput bola, dimana Pemerintah turun langsung menyampaikan dokumen kependudukan kepada warganya yang sedang berbahagia atau melangsungkan pernikahan,” ujar Kadis.


Dia juga mengatakan bahwa setiap warga berhak mendapatkan pelayanan secara maksimal tanpa dipungut biaya.


"Silahkan datang ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di Sidikalang atau ke petugas Dukcapil yang bertugas di seluruh Kantor Camat se – Dairi, untuk menanyakan informasi persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendapatkan pelayanan prima tersebut," sebut Deddy.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu yang hadir dalam acara adat pasangan Marudut Jan Arisa Simanjuntak dengan Supri Dewi Berutu di Wisma Putri Lopia mengapresiasi program yang dilaksanakan Dinas Dukcapil Dairi yang secara konsisten membagikan dokumen adminduk kepada seluruh warga.


“Program ini sangat baik dan bagus terus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan warga. Kedua pengantin semakin bahagia dengan lengkapnya dokumen administrasi kependudukannya,” tuturnya.


Dokumen yang diterima pengantin baru terdiri dari akta perkawinan dan beberapa dokumen adminduk lainnya seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-el baru dengan status kawin tercatat.


Selain itu, kedua orang tua juga mendapatkan Kartu Keluarga (KK) yang terupdate, dimana kedua putra maupun putrinya dari masing - masing kedua orang tua telah keluar dari KK dan memiliki KK tersendiri. 


Penulis : Reden

Editor : Rudi