Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 07 Maret 2023, 11:34 WIB
Last Updated 2023-03-07T04:34:42Z
Bakti SosialMedanMerga Silima

Aksi Baksos PMS Mendapat Apresiasi

Ketua Umum PMS Mbelin Brahmana. (Foto/Istimewa).

Medan – nduma.id


Pemuda Merga Silima akan menggelar giat pengabdian masyarakat atau Bakti Sosial pada 18 sampai 19 Maret 2023 mendatang.


Giat akan melibatkan generasi muda mahasiswa 

bertempat di Puncak Merga Silima dan di Dusun Tanduk Benua Desa Suka Makmur


Giat itu di nilai sangat positif untuk memberdayakan masyarakat melalui edukasi, sehingga mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.


Prof Robert Sibarani sebagai ilmuwan dari Universitas Sumatera Utara memberikan perhatian positif terhadap kegiatan sosial yang dilakukan Dr. Rudi Salam Sinaga bebere Sembiring selaku ketua DPP Pemuda Merga Silima (PMS) Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan. 


"Kegiatan pengabdian masyarakat atau Bakti Sosial yang melibatkan generasi muda mahasiswa sangat positif untuk memberdayakan masyarakat melalui edukasi," kata Prof Robert Sibarani, Senin (6/3/2023).


Ini katanya akan meningkatkan kesejahteraan pengetahuan masyarakat yang berdampak pada peningkatan keterampilan. 


"Saya melihat kegiatan ini ulang tahun Dr. Rudi di isi dengan sinergi bakti sosial tentu sangat bagus sekali," tuturnya.


Dr. Elpius Kalembang, M.Si salah satu pakar ilmu sosial dan politik yang berada di Universitas Timor  juga memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan bakti sosial itu.


"Kegiatan ini luar biasa, kegiatan nyata yang langsung bersentuhan dengan masyarakat," kata Elpius.


Di tempat terpisah pakar ilmu sosial dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Dr. Puji Lestari, M.Si mengaku kegiatan itu sangat kreatif. 


"Bayangkan saja saat ini mahasiswa sering asik hanya berselancar di dunia digital dampaknya bisa muncul kecenderungan minimnya rasa solidaritas dan kebersamaan," tutur Puji.


"Sekali lagi saya mengapresiasi positif kegiatan PMS Indonesia yang dipanitiai oleh Dr. Rudi Salam Sinaga, S.Sos,.M.Si," sebutnya lagi.


Sementara itu Dr. Rudi Salam Sinaga bebere Sembiring selaku ketua DPP PMS Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan menjelaskan perubahan jaman yang mengarah pada pergeseran perilaku sosial dikalangan umum terlebih pada generasi muda maka perlu untuk memproteksi generasi muda dengan berbagai kegiatan yang mengedukasi mereka.


"Kondisi ini menarik perhatian kami untuk rutin melakukan berbagai kegiatan bakti sosial bersifat edukasi," kata Rudi.


Itu katanya sejalan dengan visi misi ketua umum DPP PMS Mbelin Brahmana yang selalu menekankan peduli dan berbuat untuk kebaikan masyarakat.


Melalui kegiatan bakti sosial Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Merga Silima akan memberikan penyuluhan anti narkoba, penyuluhan pendidikan dan penanaman pohon. 


Peserta berasal dari kalangan masyarakat umum dan perangkat desa. 


Kegiatan itu bersinergi dengan kalangan dosen yang bernaung di berbagai perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri di wilayah Indonesia. 


Pada segmentasi lainnya peserta yang mendapatkan edukasi adalah anak-anak di usia taman kanak-kanak dan siswa sekolah dasar. 


Segmentasi anak-anak akan mendapatkan pengetahuan dini mengenai cara bertahan hidup melalui camping ground dengan materi mendirikan tenda camping, menghidupkan api dan memasak. 


Menurut Dr. Rudi yang juga sebagai akademisi pakar ilmu politik di Sumatera Utara sekaligus tokoh muda yang gemar bergaul di setiap kalangan

 

“Sesekali belajar di tengah alam terbuka akan menarik minat kalangan anak-anak dalam menyerap nilai-nilai positif dari pendidikan yang di berikan bahkan bagi kalangan mahasiswa sekalipun," tuturnya.


Dia melihat kebiasaan anak bahkan selaku orang tua terkadang menghabiskan waktu di depan android padahal interaksi sosial secara langsung dengan lingkungan sekitar seperti keluarga, anak, dan kolega jauh lebih penting. 


Suasana seperti ini berangsur-angsur telah menghilang semua sibuk dengan android yang membentuk perilaku baru. 


Di tempat terpisah Ketua Cabang Olah Raga KURASH Sumatera Utara Ir. Cakra Sitorus mengatakan acara seperti ini sangat bermanfaat untuk membina generasi muda Indonesia terhindar dari ancaman bahaya narkoba dan tentu akan gemar berolah raga.


Penulis : Raden

Editor : Rudi