Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 11 Maret 2023, 10:01 WIB
Last Updated 2023-03-15T03:03:27Z
DairiGotong RoyongPKK

Budaya Positif , PKK Pasi Gotong Royong Desa

Menggemburkan tanah menanam di pekarangan rumah. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Berampu – nduma.id


Mewujudkan pekarangan produktif yang asri, teratur, indah dan nyaman sesuai dengan slogan Aku Hatinya PKK, PKK Desa Pasi bersama masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan Desa Pasi, Kecamatan Berampu, Jumat 10 Maret 2023.


Kegiatan kerja bakti yang dilakukan bersifat gotong royong dengan dukungan dari PKK Kabupaten Dairi, Dinas Pertanian Kabupaten Dairi, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi.


Ketua Pokja III, Kesti Angkat menyampaikan kegiatan pemanfaatan pekarangan telah mencakup program, yaitu sandang, pangan dan tata laksana rumah tangga.


“Kita harapkan dengan adanya binaan PKK, bisa memanfaatkan pekarangan untuk menambah penghasilan masyarakat dan keluarga secara umum,” kata Kesti.


Selain menciptakan pekarangan produktif dan menambah penghasilan masyarakat, Kesti mengatakan pemanfaatan pekarangan dapat menambah gizi keluarga.


“Kita berharap program ini dapat permanen selamanya. Masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan menjadi produktif dan tentunya menambah gizi keluarga karena sudah tersedia semua,” ujarnya.


Di Kesempatan yang sama, Anggota PKK Desa Pasi, Megawati Panjaitan menjelaskan masyarakat telah membenahi pekarangan rumah sesuai dengan misi ‘Aku Hatinya PKK’ sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.


“Pekarangan itu kami isi dengan sayuran, buah, tanaman obat-obatan, ikan dan ternak. Jadikan sudah lengkap. Kalau sudah lengkap tidak perlu lagi ke ladang dan kami juga bisa menghemat uang belanja,” kata Mega.


Megawati juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Dairi karena telah menetapkan Desa Pasi menjadi desa percontohan.


“Rasa percaya diri kami meningkat karena kami menjadi desa pilihan pemerintah dan bisa menunjukkan kemampuan kami. Terimakasih kepada pemerintah karena telah memberikan kami kepercayaan untuk menjadi desa percontohan hatinya PKK,” katanya.


Penulis : Raden

Editor : Rudi


Foto : Kegiatan