SMSI

SMSI
Selasa, 07 Maret 2023, 18:46 WIB
Last Updated 2023-03-07T11:46:14Z
PendidikanTOBATPL

Dukung Persiapan Seleksi SMA Unggul, TPL Laksanakan Bimbingan Belajar SMP di Toba

Foto bersama. (Foto/James Sirait)

TOBA-nduma.id


Pendidikan menjadi salah satu komitmen dari Toba Pulp Lestari (TPL) dalam menjalankan program Community Development (CD). 


Hal ini tidak lain karena pendidikan merupakan pondasi awal untuk membangun masyarakat yang kokoh, mandiri dan berdaya.


Untuk mengimplementasikan komitmen tersebut, TPL bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Bimbingan Belajar persiapan seleksi calon siswa SMA Unggul kepada 150 siswa/i SMP di Kabupaten Toba mulai 03 Maret - 10 Maret 2023.


Pelaksanaan kegiatan ini sendiri dilakukan di 7 titik yaitu Kecamatan Balige, Laguboti, Parmaksian, Lumban Julu, Habinsaran, Borbor dan Nassau yang pembukaannya dilaksanakan di SMP Negeri 1 Habinsaran, Desa Parsoburan Tengah, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba.


Bimbingan belajar ini bertujuan dalam rangka peningkatan daya saing siswa untuk mengikuti seleksi masuk SMA Unggul pilihan yaitu SMA Yayasan Soposurung dan SMA Unggul DEL.


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba, Ricardo Hutajulu, didampingi Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Habinsaran, Parulian Manurung mengapresiasi dukungan bimbingan belajar yang dibiayai penuh oleh TPL. 


Mereka menilai hal ini harus disyukuri dan menjadi pemicu semangat siswa/i belajar lebih giat lagi. 


Karena disamping persaingan seleksi masuk SMA Unggul yang sangat ketat, tidak banyak yang beruntung mendapatkan kesempatan dukungan bimbingan belajar seperti ini.


“Kerjasama dukungan bimbingan belajar dengan TPL ini sudah berjalan tahun kedua di Kabupaten Toba," kata Ricardo, Selasa, 7 Maret 2023.


Perusahaan katanya telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan seperti bimbingan belajar, beasiswa dan penghargaan. 


Untuk kerjasama dukungan bimbingan belajar persiapan masuk SMA unggul ini, sudah berjalan di tahun kedua.


“Sebelumnya pada November 2021 dan Januari 2022, juga telah diselenggarakan bimbingan belajar dan try out kepada 150 siswa/i SMP terpilih," tutur Ricardo.


Dikatakan sewaktu menjabat Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Samosir, program kerjasama dengan TPL ini juga sudah pernah diterapkan dan berhasil mengirim 10 orang lulus ke SMA Unggul. 


Ricardo menambahkan, keberadaan TPL di Kabupaten Toba dan terkhusus wilayah operasionalnya berdampak positif dengan semua kontribusi dukungan di dunia pendidikan yang telah diterima selama ini dan diharapkan semakin meningkat lagi di masa yang akan datang.


“Tidak tanggung-tanggung, kerjasama ini mungkin akan berlanjut dengan pemberian beasiswa kepada siswa/i Toba terkhusus dari Kecamatan Habinsaran, Borbor, dan Nassau yang merupakan wilayah operasional TPL jika lulus ke SMA unggul,” tambahnya.


Manager CD/CSR & Media Relation TPL, Hemlan Silaen menyampaikan bahwa program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial TPL kepada masyarakat di sekitar operasional perusahaan. 


Ia berharap program ini akan berjalan dengan baik dan meningkatkan daya saing siswa sehingga dapat lulus di SMA Unggul pilihan, sekaligus mendukung program Kabupaten Toba unggul dan bersinar dalam memberdayakan sumber daya manusia.


“Semoga dengan bekal pendidikan yang baik, para siswa ini dapat menjadi generasi muda yang mandiri dan berprestasi. Harapan kami pula, adik-adik ini kelak dapat menjadi agen perubahan, motor penggerak perubahan dan pembangunan bagi masyarakat di sekitar terkhusus di Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau.”


Moment itu katanya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan harus ada keyakinan di dalam diri masing-masing siswa/i, bahwa mereka bisa.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi