Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 12 Maret 2023, 23:01 WIB
Last Updated 2023-03-12T16:01:54Z
KristenSiantar

Konferensi Cabang PIKI, Basri Nababan Terpilih Menjadi Ketua

Foto Bersama Usai konfercab. (Foto/Ari)

Pematang Siantar - nduma.id


Melalui Konferensi Cabang (Konfercab), Basri Nababan dipilih secara aklamasi menjadi Ketua Cabang Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Kota Pematang Siantar Periode 2023-2028 menggantikan DR Sarmedi Purba SPOG.


Konfercab itu berlangsung di gedung Menza Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Sabtu 11 Maret 2023.


Basri Nababan terpilih secara aklamasi setelah dua calon lainnya Ir Rospita Sitorus dan Christian Silitonga menyatakan tidak bersedia dipilih dan menyatakan mendukung Basri Nababan menjadi Ketua PIKI Pematang Siantar.


“Itu saya dilakukan setelah melakukan perenungan mendalam selama kurang lebih setahun dan atas keyakinan serta dorongan roh Kudus dan support keluarga terutama anak dan istri, saya memutuskan bersedia menjadi ketua,” ujarnya Basri Nababan.


Basri menyatakan siap mengabdikan diri melayani di PIKI Siantar.


Basri Nababan mengatakan bahwa dirinya masih membutuhkan dukungan dari pengurus PIKI sebelumnya terutama dari DR Sarmedi Purba SPOG untuk bisa membawa PIKI semakin berperan di Kota Pematang Siantar.


Setelah itu Basri Nababan sebagai Ketua selanjut Konferensi Cabang juga menetapkan formatur yang bertugas melengkapi kepengurusan yang terdiri dari ketua terpilih Basri Nababan, unsur DPD-PIKI Sumut Tonggo Pardede, Unsur pengurus lama Marulak Simarmata, unsur peserta Pdt.Etika Saragih dan Lestari Simanjuntak.


DPD PIKI Sumatra Utara memberikan waktu 30 hari kepada formateur untuk melengkapi kepengurusan untuk selanjutnya dilantik.


Rangkaian acara Konferensi Cabang diawali dengan Ibadah pembukaan yang dipimpin Pdt.Saut Sirait selanjutnya laporan Ketua Panitia Ir Raja Sianipar yang menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pengurus PIKI Siantar sebelumnya dibawah kepemimpinan DR Sarmedi Purba SPOG yang sudah banyak berbuat.


Selanjutnya Konfercab memilih Majelis Ketua yang terdiri Marganda Purba, Henry Sibarani dan Marulam Simarmata untuk memimpin persidangan selama Konfercab.


DR Sarmedi Purba SPOG dalam sambutannya mengatakan sudah sekitar 20 tahun memimpin PIKI Pematang Siantar dan sudah beberapa kali memberikan mandat agar dilaksanakan Konfercab akan tetapi tidak juga terwujud.


“Puji syukur kepada Tuhan akhirnya hari ini Konfercab bisa berlangsung kiranya Kepengurusan PIKI yang terpilih bisa lebih baik lagi terutama bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan kota Pematang Siantar,” ujarnya.


Menurut DR Sarmedi Purba SPOG saat ini Siantar membutuhkan investor untuk berinvestasi untuk bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Siantar.


Sementara itu Ketua PIKI Sumut DR Naslindo Sirait mengatakan Konfercab adalah untuk merevitalisasi PIKI Siantar yang sudah cukup lama tidak berkegiatan sebagai bagian dari konsolidasi organisasi.


Pada kesempatan tersebut DR Naslindo Sirait juga menyoroti pertumbuhan ekonomi Pematangsiantar yang hanya 3,4 persen per tahun termasuk rendah di Sumatra Utara.


PIKI Pematang Siantar hendaknya juga bisa memberikan kontribusi pemikiran kepada Pemerintah Kota Pematang Siantar bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pematangsiantar demi terciptanya kesejahteraan masyarakat ujarnya.


Konfercab PIKI Pematang Siantar diikuti puluhan anggota PIKI Pematang Siantar, DPD PIKI Sumut serta undangan lainnya.


Penulis : Ari

Editor : Rudi