Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 16 Maret 2023, 09:11 WIB
Last Updated 2023-03-17T02:13:35Z
DairiDinas PerhubunganKelebihan tonase

Laporan Dari Kades, Dishub Dairi Sidak Sistem Manajemen Keselamatan Para Pengendara

Petugas meminta kelengkapan administrasi pengendara. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Siempat Nempu –nduma.id


Kendaraan angkutan yang melintas dari ruas jalan Desa Sosor Lontung, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi mendadak di Inspeksi Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi.


Personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Dairi bersama tim Polres Dairi, PPNS Kemenhub BPTD Wil.II Sumut, dan Denpom I/2-4 Dairi melaksanakan kegiatan audit, inspeksi, dan pemantauan sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan 2023, Rabu 15 Maret 2023.


Kadishub Dairi Parulian Sihombing mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjamin keselamatan berlalu lintas dengan mematuhi kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi ketika berkendara baik angkutan umum maupun angkutan barang.


“Kita imbau untuk mematuhi kelengkapan dokumen terkhusus angkutan barang atau angkutan batu yang mengangkut batuan dari wilayah Kecamatan Lae Parira dan Kecamatan Siempat Nempu,” kata Parulian.


Para supir di imbau untuk tetap memenuhi ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku agar menyesuaikan berat muatan dengan kelas jalan Kabupaten.


“Artinya tidak melebihi tonase dan apabila melebihi tonase selain dapat menimbulkan kerusakan mobil akan dapat mengganggu pengguna jalan yang lain atau mengganggu keselamatan sopir, jadi semua harus disesuaikan,” ujarnya.


Selanjutnya, Parulian juga mengatakan operasi ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut adanya laporan dari warga masyarakat melalui beberapa kepala desa yang datang langsung ke Dinas Perhubungan Dairi.


“Kita memang ada mendapat laporan dari para Kades, jadi sesuai perintah Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bahwa kita harus gerak cepat dalam menangani permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kita, sehingga tidak menimbulkan keresahan,” tuturnya. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi