Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Sabtu, 25 Maret 2023, 19:32 WIB
Last Updated 2023-03-25T12:38:04Z
BulanDairiVenus

Malam Ketiga Ramadhan, Bulan dan Venus Tampak Berdekatan

Okultasi Venus dan Bulan. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Malam ketiga Ramadhan 2023, Potret Bulan dan Venus berdampingan menghiasi langit.


Dari kota Sidikalang Kabupaten Dairi, Secara kasat mata tampak venus yang meyerupai bintang berdekatan dengan bulan. 


Penampakan ini menuai decak kagum dari warga. 


" Bulan dan bintang," ucap warga kagum. sambil mengbadikan dengan Handphone. Jumat (24/3/2023).


Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, potret Bulan dan Venus berdekatan dalam unggahan adalah fenomena konjungsi Bulan dan Venus.


"Semalam tanggal 24 Maret 2023 bertepatan dengan malam tiga Ramadhan itu terjadi fenomena konjungsi Bulan dan Venus," ujar Andi, Sabtu (25/3/2023).


Andi menjelaskan, konjungsi Bulan dan Venus semalam dapat disaksikan di seluruh Indonesia. Namun, khusus wilayah Kalimantan Utara, konjungsi juga disertai fenomena Okultasi Venus oleh Bulan yang berlangsung sejak pukul 20.30-21.00 Wita.


Konjungsi sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan objek langit yang tampak berdekatan atau sudut elongasi antar benda tersebut sangat kecil.


Sementara itu, okultasi adalah benda langit yang berjarak lebih dekat dari Bumi menghalangi objek langit lain yang berjarak lebih jauh dari Bumi.


Menurut Andi, konjungsi Bulan dan Venus akan terjadi setiap bulan.


Kendati demikian, fenomena okultasi Venus hanya terjadi di tahun-tahun tertentu.


"Tidak semua tahun itu mengalami okultasi Venus oleh Bulan," ungkapnya.


Andi menerangkan, Venus memiliki kemiringan orbit terhadap ekliptika, begitu pula dengan Bulan. Oleh karena itu, Bulan dan Venus pun tidak selalu tampak satu garis dan terhalangi oleh Bulan, atau terjadi okultasi.


"Karena posisi Bulan lebih dekat dengan Bumi dibandingkan Venus, maka Bulan berada di depan Venus, sehingga saat Bulan bergerak, seolah-olah menutupi Venus," jelasnya.


Selain 24 Maret 2023, okultasi Venus yang terlihat di Indonesia terakhir kali terjadi pada 2004, 2010-2011, 2017, dan 2022.


"Fenomena ini akan terjadi kembali pada 2042 dan 2061," tutur Andi.


Serupa, konjungsi antara Bulan dan Venus juga dipengaruhi orbit keduanya yang tidak sejajar ekliptika, melainkan sedikit miring.


"Maka ada di waktu-waktu tertentu Bulan dan Venus bisa segaris lurus, tapi ada juga waktu Bulan dan Venus tidak benar-benar segaris lurus," kata Andi.


Penulis : Rudi

Editor : Gib