Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 06 April 2023, 19:30 WIB
Last Updated 2023-04-07T03:44:08Z
CSRDairDPMTambang

DPM Serahkan 800 Bibit Tanaman Produktif Untuk Warga Silima Pungga-pungga

Foto bersama usai penyerahan bibit secara simbolis. (Foto/Rudi).

DAIRI, Sidikalang - nduma id


Sebanyak 800 bibit tanaman produktif di serahkan PT Dairi Prima Mineral kepada Pemerintah Kecamatan Silima Pungga- pungga Kabupaten Dairi Sumatera Utara, Kamis 6 April 2023.


Melalui pemerintah Kecamatan, bibit - bibit itu nantinya akan di berikan ke masyarakat di sana untuk ditanam.


Hendra Kurniawan GM Human Resources PT. DPM mengatakan donasi bibit produktif itu untuk penghijauan lahan, bahagian Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).


" Ini program PPM, yang mana salah satu komitmen kami adalah kami wajib memberikan manfaat kepada masyarakat di mana proyek kami berada," kata Hendra.


Dikatakan bibit-bibit produktif itu terdiri dari Durian, Duku dan Manggis. 


Seluruhnya akan di bagikan khusus kepada masyarakat di Kecamatan Silima Pungga-pungga. 


"Ini sudah yang kesekian kalinya, dan yang pasti berkelanjutan, CSR inikan bagian dari PPM. Dimana PPM ini adalah program yang di amanahkan dan diharuskan oleh pemerintah. Jadi mau tidak mau kami harus mau melaksanakan program PPM itu. Dan itu akan berkelanjutan. Selama DPM ini ada akan terus," sebut Hendra.


Hendra juga menegaskan kalau pimpinannya selalu mengingatkan tidak boleh ada kerugian bagi masyarakat terutama untuk poin-point yang berkenaan dengan isu yang di khawatirkan seperti pencemaran lingkungan atau pencemaran air. 


"Ini benar-benar hal yang di pesankan jangan sampai ada yang di rugikan masyarakat," tegas Hendra


Penyerahan bibit secara simbolis kepada Camat Silima Pungga-pungga. (Foto/Rudi).

Penyerahan bibit itu di lakukan di halaman Kantor PT DPM di Sidiangkat Kecamatan Sidikalang.


Dihadiri Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, Camat Silima Pungga-pungga Horas Pardede, perwakilan masyarakat Silima Pungga- pungga, Mr. Liu Yu VP CNMC sekaligus PresDir NFC serta Mangeman  PT DPM.


Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani mengapresiasi DPM atas komitmen dalam rangka mensejahterakan masyarakat Dairi. 


Sabam mengatakan DPRD Dairi pasti lebih pro aktif dan melakukan pengawasan terhadap pengaduan-pengaduan masyarakat.


"Kami DPRD Dairi akan tegak lurus mendukung DPM selama kehadiran DPM untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi," katanya.


Pemberian bibit produktif itu di nilai Sabam sebagai salah satu bentuk konkrit perhatian DPM ke masyarakat 


"Ini termasuk salah satu meminimalisir dampak negatif tersebut. Oleh sebab itu kepada pemerintah kecamatan Silima Pungga-pungga supaya menyalurkan pohon ini kepada masyarakat dan bisa memantau langsung penanaman bibit ini untuk meminimalisir dampak negatif tersebut," sebutnya.


Sabam juga mengaku DPRD Dairi salah satu lembaga yang mendukung beroperasinya DPM, dengan mendatangi langsung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka menyampaikan dukungan untuk beroperasi PT DPM di Dairi.


"Kami memang menilai ada dampak negatif, tapi dampak positif DPM tentu lebih besar untuk masyarakat karena itu kami menyatakan sikap untuk mendukung PT DPM," tuturnya.


Horas Pardede, Camat Silima Pungga-pungga berterima kasih karena pemerintah dilibatkan dalam penyaluran CSR. 


"Dan ini saya yang minta. Dan saya akan kawal ini supaya pasti tumbuh. Untuk CSR kedepan saya harap kami di libatkan," sebut camat.


Dikatakan horas selama ini  banyak yang pro dan kontra kehadiran DPM, kerena itu pihaknya terus melakukan sosialisasi.


"Perintah bapak bupati kepada saya agar bantu sosialisasi masyarakat agar DPM bisa berjalan sesuai harapan kita," ujarnya.

 

Mr. Liu Yu, VP CNMC sekaligus PresDir NFC bangga bisa menghadiri acara penyerahan bibit itu.


Kabupaten Dairi dilihatnya indah dengan kawasan yang hijau.


Dikatakan Liu Yu, Proyek Dairi merupakan proyek pertama di Indonesia, meneruskan pengembangan untuk kemakmuran bersama dengan komunitas.


Pihaknya melalui  CNMC secara aktif membangun tambang moderen yang hijau dan cerdas, sambil mempromosikan ekonomi regional. 


"Kita sudah merekruit puluhan ribu warga lokal di proyek kita di luar negeri, dan juga berkontribusi untuk memakmurkan rakyat dan pemberian pajak yang tinggi," kata Liu Yu.


Ada 3 point penting yang di sampaikan, Liu Yu.


Pertama DPM akan terus melakukan prinsip pembangunan berkelanjutan serta aktif melakukan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan.


Kedua, DPM secara aktif menanggung tanggung jawab sosial secara rutin setiap tahun.


Dan ketiga DPM akan melakukan pekerjaan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti membantu pendidikan anak-anak, pertanian dan membantu kerjasama dalam bidang sains  budaya, dan kesehatan.


Penulis : Rudi

Editor : Gib