Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Kamis, 13 April 2023, 16:49 WIB
Last Updated 2023-04-13T09:49:36Z
GAMKINasional

GMKI bersama Pemkab Halmahera Barat Paskah Nasional dan KKR Kebangsaan

Suasana paskah nasional. (Foto/Istimewa)

Pematang Siantar - nduma.id


Bertempat di Lapangan Hamente, Tibobo Sahu Timur – Kabupaten Halmahera Barat. GAMKI bersama Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat Melaksanakan Paskah Nasional dan KKR Kebangsaan Kesbangpol.


Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan Pengurus Pusat (PP) GMKI masa bakti 2022-2024 dengan GMKI Cabang Jailolo sebagai tuan rumah pelaksana.


Perayaan yang bertajuk “Kebangkitan Kristus Menggerakkan Konsolidasi dan Persatuan” di gelar Rabu 12 April 2023.


Ketua Umum GMKI, Jefri Gultom mengatakan tujuan dilakukannya kegiatan tersebut merupakan makna Paskah.


“Kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan makna Paskah serta memperkuat nilai-nilai oikumenisme dan nasionalisme,” katanya, Kamis (13/4/2023).


Sedangkan Fandi Salasa Koordinator Wilayah XV GMKI (Maluku Utara), melalui Jefry Gultom menjelaskan bahwa selain untuk merayakan Paskah, kegiatan ini juga adalah upaya untuk meneguhkan komitmen serta kecintaan kader GMKI dan umat Kristen terhadap NKRI. 


 Kegiatan itu dimulai pada pukul 20.00 WIT dimana para rombongan yang di dalamnya terdapat Bupati Halmahera Barat beserta jajaran Forkopimda, Ketua Umum GMKI beserta jajarannya, Pendeta Yandi Manobe dan undangan lainnya disambut dengan tarian Legu Salai yang melambangkan kebersamaan dan cinta kasih antar sesama manusia tanpa saling membedakan.


kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan-sambutan dan ditutup dengan ibadah.


Dalam sambutannya, Kepala Kesbangpol Halmahera Barat, M. Syarif Ali menyampaikan bahwa di tengah masyarakat yang majemuk maka persatuan adalah tuntutan yang harus terus diwujudkan demi kebaikan bersama.


Ia berharap semua elemen masyarakat termasuk GMKI dapat menjaga persatuan di NKRI.


Sementara itu, Bupati Halmahera Barat, James Uang dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemkab Halmahera Barat memiliki komitmen dalam mewujudkan Halmahera Barat yang religius.


“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari mewujudkan Halmahera Barat Religius. Bukan hanya KKR, bertepatan dengan Bulan Ramadhan, kami juga sementara lakukan Safari Ramadhan dan dalam waktu dekat kami akan laksanakan Halal Bihalal" ujar nya dalam kata sambutan.


“Sekali lagi, ini komitmen kami untuk Halmahera Barat yang religius,” papar Bupati Halmahera Barat tersebut.


Penulis : Ari

Editor : Rudi