Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Minggu, 30 April 2023, 21:40 WIB
Last Updated 2023-05-08T14:42:43Z
DairiHari Otonom Daerah

Pemkab Dairi Peringatan Hari Otonomi Daerah

Upacaara Hari Otonomi Daerah ke-XXVII tahun 2023. (Foto/Istimewa). 

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Dairi, Sidikalang, Sabtu 29 April 2023.


Peringatan mengambil tema "Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul",


Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dengan komandan upacara Plt.Kasatpol PP, Junihardi Siregar.


Bupati dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari Otonomi Daerah ke-XXVII yang jatuh setiap tanggal 25 April tersebut telah terbukti banyak manfaat dan kebaikan yang dirasakan masyarakat selama 27 tahun perjalanan penyelenggaraan otonomi daerah.


Penyelenggaraan otonomi daerah, kata Bupati, merupakan pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan layanan kepada masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari otonomi daerah ini, dalam setiap tugas dan tanggung jawab kita," kata Bupati.


Selanjutnya Eddy Berutu meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan dedikasi dan senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.


"ASN dan seluruh pegawai pemerintahan harus bergerak maju, kreatif, dan inovatif sekaligus ikut bertanggung jawab dalam setiap urusan pelayanan masyarakat," ucap Eddy Berutu.


"Saya berharap, peringatan Hari Otonomi Daerah kita jadikan sebagai sarana menentukan kebijakan dan pemantapan pelaksanaan otonomi daerah untuk mewujudkan ASN yang proaktif, untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045. Juga mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman. Selamat Hari Otonomi Daerah, semoga Tuhan melindungi kita," katanya mengakhiri.


Peringatan ini seyogyanya diperingati pada 25 April 2023 lalu, namun karena bertepatan dengan hari libur nasional perayaan Hari Raya Idul Fitri, peringatan dilaksanakan pada 29 April 2023.


Penulis : Raden

Editor : Rudi