Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 05 April 2023, 17:56 WIB
Last Updated 2023-04-05T10:56:26Z
Dunia MelayuMedanMTQ

Presiden DMDI Tutup MTQ Antar Bangsa di Medan

Foto bersama di penutupan MTQ. (Foto/Istimewa).

Medan – nduma.id


Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI),Tun Seri Setia HM Ali Rustam menutup pelaksanaan MTQ Antar Bangsa.


Giat itu di apresiasinya karena berlangsung sukses selama 3 hari.


Sabtu 1 April 2023 sampai Senin 3 April 2023, dengan total hadiah Ratusan juta rupiah dan umroh.


MTQ Antar Bangsa DMDI dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dilaksanakan setiap tahun. 


"Pada tahun ini, MTQ antar bangsa ini diikuti 49 peserta dari 17 Provinsi dan 7 negara antar bangsa DMDI,” ujar Ali Rustam, Senin (3/4/2023).


Dikatakan Tun Seri Ali Rustam MTQ antar bangsa ini telah berjalan hampir 20 tahun. 


Namun selama pandemi Covid-19, dilaksanakan secara online. 


“Alhamdulillah, tahun 2023 ini kita selenggarakan terbuka (Offline,red) dan yang menjadi tuan rumah adalah DMDI Sumatera Utara,” ucapnya Ali Rustam.


Kepada para peserta MTQ, Ali berpesan agar terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan terus memperdalam bacaan Al Qur’annya. 


“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang MTQ Antar Bangsa DMDI & BKPRMI. Semoga hadiah yang diterima bermanfaat dan dipergunakan untuk keperluan memperdalam ilmu agama Islam serta menjadi motivasi untuk memperbagus bacaan tilawah,” tuturnya.


Ali Rustam juga meminta kepada Pengurus DMDI Sumatera Utara yang baru saja dikukuhkan agar dapat membangun pendidikan Melayu Islam di 26 negara anggota DMDI.


“Karena berlatar belakang seorang Rektor di Universitas Pancabudi, Ketua DMDI Sumut Datok Isa Indrawan diharapkan dapat membuat gebrakan memajukan DMDI dibidang pendidikan. Sebab program utama organisasi ini adalah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi umat Melayu Islam,” tandasnya.  


Senada juga dikatakan Sekjen DMDI H Datok Seri Said Aldi Al Idrus yang mengatakan bahwa MTQ ini setiap tahun dilaksanakan dan harusnya MTQ Antar Bangsa kali ini dilaksanakan di Kamboja, namun karena ada arahan dari Wapres DMDI dan Dewan Penasehat DMDI maka dilaksanakan di Medan. 


“Dan ini menjadi kebanggaan kita semua. Karena pada tahun depan, MTQ Antar Bangsa DMDI dan BKPRMI akan dilaksanakan di Kanada atau Filipina,” ujar Said Aldi yang juga Ketua Umum BKPRMI Pusat. 


Pada acara ini DMDI & BKPRMI juga memberikan bingkisan kepada 200 fakir miskin di Kecamatan Percut Sei Tuan. Dan akan dilakukan diseluruh wilayah Indonesia.


Sementara itu, Wagubsu Musa Rajekshah yang diwakili Dr Agus Tripiyono saat membacakan sambutan Wagubsu mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) sangat mengapresiasi event MTQ Antar Bangsa DMDI & BKRPMI ini.


Sebab, lanjutnya, semakin banyak dan sering dilaksanakannya MTQ, maka akan semakin banyak generasi muda Islam yang menjadi penghafal Al Qur’an.


“Pemprovsu sangat apresiasi digelarnya MTQ Antar Bangsa DMDI dan BKPRMI. Semoga kegiatan ini semakin memotivasi pemuda/pemudi Islam Sumut untuk bisa menjadi Qori dan Qoriah serta menjadi penghafal al Qur’an. Dan Pak Ijeck memberikan 2 paket Umrah kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi,” bebernya.


Juara 1, 2 dan 3 Qori yakni Adek Putra Masrianda dari Sumatera Barat, M Mas’ud dari Jawa Tengah dan Abdul Hadi dari Trengganu Malaysia. 


Sedangkan Qoriah yaitu Ramadhan Najwa dari Kalimantan Selatan, Nurhidayah Trengganu Malaysia dan Nurjannah dari Sumatera Utara.


Penulis : Raden

Editor : Rudi