SMSI

SMSI
Selasa, 04 April 2023, 12:25 WIB
Last Updated 2023-04-05T05:28:45Z
BawasluKPUPemilu 2024Samosir

Rekapitulasi DPHP oleh PPK Pangururan Berlangsung Panas, PKD Diancam


Ketua Panwascam Pangururan menyerahkan berkas rekap. (Foto/Istimewa).

SAMOSIR, Pangururan - nduma.id


Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) Menuju Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 oleh Panitia Pemilihan Kecamatan di Kabupaten Samosir Sumatera Utara berlangsung panas.


Rekapitulasi itu di gelar Minggu 2 April 2023 kemarin.


Ketua Panwascam Pangururan Tetty Naibaho membenarkan ketika di konformasi nduma.id.


Tety mengatakan rekapitulasi yang di gelar sempat panas karena ada bahasa ancaman dari peserta yang hadir.


"Pada saat penyampaian data rekap desa Parlondut oleh Panitia Pemungutan Suara dan PKD, Pengawas Kelurahan Desa Parlondut menyampaikan data temuan di lapangan.

Disitu terdengar teriakan dari arah peserta rekap "seat mai" artinya "bunuhlah dia dalam bahasa indonesia, ke arah PKD Parlondut," kata Tetty, Senin (3/4/2023).


Mendengar nada itu, Tety sebagai Ketua Panwaslu Kecamatan Pangururan sontak meminta perhatian dari aparat kepolisian dan KPU Samosir melalui alat pengeras suara. 


Karena nada itu di nilai pengancaman kepada PKD.


Namun KPU Samosir dan jajaran tidak bergeming.


"Kami telah menyampaikan hal ini kepada atasan kami, Bawaslu Samosir. Karena ini terjadi dalam rekap resmi dan merupakan agenda nasional" jelas Tetty.


Ketika ditanya apakah sudah ada permohonan maaf dari KPU, Tetty menjawab bahwa Ketua PPS Sinabulan telah menyampaikan permohonan maaf secara pribadi tanpa dampingan dari PPK ataupun KPU.


"Hal ini sudah kami sampaikan dalam laporan kami ke atasan. Kami menunggu petunjuk selanjutnya dari atasan kami" ujar Tetty.


Rekapitulasi tersebut dihadiri Camat Pangururan Robintang Naibaho, Danramil Sugiono, Kapolsek Pangururan Marlen Sitanggang, Ketua KPU Samosir Ira Samosir, Komisioner KPU Gomgom Situmorang, 5 (lima) anggota PPK Pangururan, PPS dan Pantarlih serta Komisioner Panwaslu Kecamatan Pangururan dan pengurus partai Kecamatan Pangururan.


Penulis : Rudi

Editor : Gib