Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Selasa, 16 Mei 2023, 22:56 WIB
Last Updated 2023-05-20T16:01:12Z
MedanPMI

Dorong Kinerja PMI, Komisi A DPRD Labura Kunker ke PMI Sumut

Foto bersama di PMI Sumut. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Komisi A DPRD Kabupaten Labuhan Batu Utara kunjungan kerja ke PMI Sumatera Utara di Medan, Selasa 16 Mei 2023.


Mereka berkonsultasi, meminta masukan untuk mendorong peningkatan kinerja PMI dalam melaksanakan misi kemanusiaan di Kabupaten Labuhan Batu Utara.


Wakil Ketua PMI Sumut Dr. H. Sakhyan Asmara mewakili Ketua PMI Sumut DR. H. Rahmat Shah menerima rombongan.


Sedangkan ketua PMI Sumut dikatakan sedang melaksanakan ibadah umroh.


"Keinginan DPRD Labura untuk memberi dukungan kepada PMI Labuhan Batu Utara agar dapat melaksanakan tugas misi kemanusiaan semaksimal mungkin dan dapat dirasakan masyarakat manfaat keberadaan PMI di Labuhan Batu Utara," kata Arif Ripai, Pimpinan Rombongan,


Disampaikan anggaran PMI tidak ada kepastian melekat pada dinas atau OPD. 


Oleh sebab itu perlu ketegasan dan kejelasan guna memudahkan dalam pengajuan anggaran bagi PMI daerah. 


Arif menilai selama ini PMI Labura terkesan hanya melaksanakan kegiatan rutin perkantoran. 


Artinya belum menunjukkan kinerja sebagaimana visi dan misi yang diemban oleh PMI itu sendiri. 


Lebih lanjut Arif menyatakan Pemkab Labura perlu memberi dukungan penuh kepada PMI,  baik dari segi anggaran maupun dari segi penyusunan dan pelaksanaan program.

 

Merespons harapan dari Komisi A DPRD Kabupaten Labura, Wakil Ketua PMI Sumut Sakhyan Asmara menjelaskan bahwa angaran PMI di daerah hendaknya melekat pada Dinas Kesehatan setempat, karena kedua unit kerja itu mempunya irisan program yang sangat kuat.


 Sakhyan juga menjelaskan tentang program-program yang dapat dilakukan oleh PMI di daerah.  


Selain melaksanakan tugas rutin manajemen markas, PMI juga dapat melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan relawan, pembinaan relawan di sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan tempat kerja, mengirim delegasi untuk kegiatan-kegiatan PMI di luar daerah seperti kegiatan Jambore, Musyawarah Kerja dan Musyawarah Daerah PMI, sosialisasi hidup sehat terhindar dari bencana, kegiatan donor darah serta berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya. 


Sakhyan menekankan bahwa sebagai pengurus PMI di manapun berada tidak boleh lepas dari ikatan untuk melaksanakan  7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Internasional  Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yakni 1. Kemanusiaan (Humanity), 2. Kesamaan (Impartiality), 3. Kenetralan (Neutrality) 4. Kemandirian (Independence), 5. Kesukarelaan (Voluntary Service), 6. Kesatuan (Unity), dan 7. Kesemestaan (Universality). 


"Dengan berpegang teguh kepada tujuh prinsip dasar tersebut dan melakukan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat, maka sesungguhnya kondisi seperti itulah yang diharapkan dalam membangun nation and character building di Indonesia dan di dunia internasional," pungkas Sakhyan.


Penulis : Raden

Editor : Rudi