PM

PM

Rimso

Rimso
Senin, 15 Mei 2023, 21:58 WIB
Last Updated 2023-05-15T14:58:33Z
BenderaKaroPaskibraka

Festival Bendera Resmi di Buka

Gembira ginting membuka festival bendera. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Festival Bendera Kabupaten Karo 2023 tingkat SD- SMP- SMA se Kab Karo resmi dibuka Ketua DPD IPK Karo Gembira Ginting.


Gembira Ginting merupakan Penasehat Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Karo. 


Festival dimulai Senin, 15 Mei 2023 pukul 09.00 WIB di Lapangan Samura Kabanjahe. 


Gembira menyampaikan dalam sebuah pertandingan tentu ada yang menang dan kalah.


"Namun jangan lah kekalahan membuat kita terpecah belah antar sekolah, karena Negara Kita ini beragam agama dan suku, maka persatuan dan kesatuan dari perbedaan tersebut yang perlu kita bina mulai sejak dini," kata gembira.


Selain prestasi, perlombaan dikatakan sebagai ajang silaturahmi untuk merajut persatuan.


Gembira berharap suatu saat nanti ada perwakilan Paskibra dari tanah karo untuk bisa mengibarkan bendera di Istana Negara RI di acara kemerdekaan RI.


"Yang kalah, jangan merasa sedih, karena kekalahan merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga untuk lebih giat berlatih kedepannya," sahutnya. 


Sekretaris DPD IPK Karo Bistok Situmorang menyampaikan, mendukung kegiatan pemuda seperti Festival bendera.


"Semoga festival ini bisa membangkitkan rasa Nasionalisme dan Cinta Negara kepada anak - anak kami pelajar. Karena mereka lah nanti generasi penerus bangsa Indonesia dan Kabupaten ini," ujarnya. 


Ketua Panitia Jaka Hermawan mengatakan acara untuk menumbuhkan jiwa Nasional Generasi Muda . 


"Kami PPI Karo akan terus membuat kegiatan seperti ini dan berkelanjutan. Yang tujuan kami menyaring adik-adik untuk dijadikan paskibraka tingkat Provinsi dan sampai ke tingkat Pusat (Nasional)," sebutnya.


Festival bertujuan agar siswa - siswa semakin mencintai kegiatan - kegiatan yang berhubungan dengan bendera juga mempererat hubungan antar sekolah. 


Acara perlombaan yang di pertandingan adalah Lomba Penaikan Bendera untuk SMA/ Sederajat, Lomba Ketangkasan Variasi Berbaris untuk tingkat SMP - Sederajat, Lomba Ketangkasan Baris Berbaris untuk tingkat SD Sederajat.


Dihadiri  45 tim sekolah dari pelajar tingkat SMA / Sederajat 16 sekolah, tingkat SMP 23 sekolah dan SD 6  sekolah. Total jumlah orang peserta berkisar 350 - 400 orang.


Penulis : Rossi

Editor : Rudi.