Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Rabu, 17 Mei 2023, 14:27 WIB
Last Updated 2023-05-18T07:28:33Z
DairiSidasa

Pemkab Dairi Sosialisasikan Aplikasi Sidasa di Tanah Pinem

Bupati Dairi di sosialisasi Sidasa. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu hadir di acar sosialisasi aplikasi informasi sistem dasawisma (Sidasa) kepada kepala desa dan aparat desa setempat, Selasa 16 Mei 2023.


Bupati menjelaskan bahwa aplikasi Sidasa merupakan salah satu alat bantu bagi desa dalam mempercepat pendataan kelompok dasawisma.


Karena itu harus mendapat dukungan.


Aplikasi Sidasa yang dibangun Pemerintah Kabupaten Dairi atas program dari PKK Dairi akan membantu memperoleh proses data yang akurat tentang kondisi dan keadaan warga masyarakat di tingkat desa.

 

“Kegiatan dasawisma diarahkan pada peningkatan kesejahteraan dan kesehatan keluarga yang nantinya dapat membantu program pemerintah, kecamatan, dan desa terutama di bidang kesehatan,” ujar Eddy Berutu.


Dengan hadirnya Sidasa mobile, kata Eddy, kepala desa tentunya akan dapat melihat hasil pendataan warga sehingga dapat diketahui keperluan apa yang dibutuhkan di masing-masing desa. 


"Hadirnya program ini, membuktikan bahwa PKK dibutuhkan untuk membantu program pemerintah dan kita kepala desa dan aparatnya mesti ambil peran dalam mendukungnya,” kata Eddy Berutu. 


Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Simarmata mengatakan dengan hadirnya dasawisma, kita dapat mengetahui data keadaan warga yang akurat, seperti tentang data kesehatan, pendidikan, ataupun keadaan ekonomi.


“Dengan data yang valid kita bisa ambil keputusan yang tepat. Itulah pentingnya sistem informasi dasawisma," sebut Romy.


Penulis : Raden

Editor : Rudi