Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Senin, 08 Mei 2023, 18:10 WIB
Last Updated 2023-05-08T11:10:02Z
DairiMetode GasingPendidikan

Pemkab Dairi Target 33 Ribu Pelajar Dairi Pintar Matematika

Bupati Dairi dan Kapolres Dairi bersama pelajar di Giat belajar Gasing. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi menargetkan 33 ribu siswa setingkat SD dan SMP di Kabupaten Dairi pintar matematika melalui program Gasing.


Program Gasing merupakan program berhitung matematika dengan metode gampang, asyik, dan menyenangkan (Gasing) yang dikembangkan Prof.Yohanes Surya.


Program Gasing ini sudah dimulai dan diikuti sebanyak 31 sekolah dasar baik negeri dan swasta bersama Prof. Yohanes Surya, Sejak 7 November 2022 tahun lalu.


Dibuka oleh Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu, program ini berlanjut lagi, digelar di SMK Anugerah Sitinjo, berlangsung sejak 4 Mei 2023 hingga 20 Mei 2023 mendatang.


"Dengan kegiatan pelatihan ini saya sangat bersyukur semangat dan motivasi dari para guru dan tenaga pengajar yang sangat besar dalam mengikuti pelatihan ini mencerdaskan SDM Kabupaten Dairi. Program ini tak akan jalan bila berjalan sendiri. Kita harus bekerja keroyokan menuntaskan program pemerintah pusat dan juga program Dairi Cerdas," kata bupati Dairi Senin, (8/5/2023).


Eddy menyampaikan konsep merdeka belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi agar bangsa kita bisa keluar dari middle income trap.


Program Gasing dinilai metode belajar yang bagus, dan Dia yakin tenaga pengajar mau belajar lagi metode ini.


"Saya memahami apa yang bapak ibu guru rasakan, karena ini sesuatu metode yang baru.Tapi bersemangatlah, buka hati dan pikiran untuk anak-anak kita. Ini kelak menjadi karya kita untuk anak anak bangsa. Bapak dan Ibu guru adalah harapan kami untuk Dairi Cerdas, Dairi Unggul," sebut bupati.


Kepala Dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu menyampaikan sejak tahun 2022 lalu, program Gasing ini diikuti 30 sekolah SD dan SMP dengan perwakilan setiap sekolah sebanyak 4 siswa.


"30 trainer akan dilatih dalam kegiatan ini. Sehingga bila ditotal Kabupaten Dairi akan memiliki 61 trainer terlatih yang akan melanjutkan tongkat estafet pelatihan Gasing di Dairi," kata Fatimah.


Penulis : Raden

Editor : Rudi