KADIS LH

KADIS LH

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 26 Juli 2023, 23:28 WIB
Last Updated 2023-07-27T01:00:46Z
Gas 3 KilogramKaroRabiesVaksin

Stok Gas 3 Kilogram dan Vaksin Rabies di Karo Cukup

Bupati karo di salah satu kios gas di KAro. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe – nduma.id


Mengantisipasi Kelangkaan Gas dan Pencegahan Penularan Rabies di Kabupaten Karo, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang meninjau langsung ke lapangan, Rabu 26 Juli 2023.


Tujuannya memastikan pasokan gas cukup di Kabupaten Karo.

 

Dari peninjauan itu, stok Gas 3 Kilogram dan Vaksin Rabies di katakan masih cukup.


"Kita berharap kelangkaan LPG 3 Kg tidak terjadi di Kabupaten Karo, karena kita mendengar di beberapa kabupaten telah terjadi kekurangan pasokan. Oleh karenanya kita melakukan pencegahan dini," ujar bupati.


Salah satu agen pangkalan gas mengakui bahwa pasokan untuk Kabupaten Karo sampai saat ini masih aman.


Selain meninjau ketersediaan gas 3 KG, Bupati Karo juga menyambangi kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karo memastikan stok Vaksin Rabies di Kabupaten Karo tercukupi.


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan hingga april 2023 ada 11 kasus kematian yang disebabkan oleh rabies. 95% kasus rabies tersebut disebabkan oleh gigitan anjing.


Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, belum ada yang terdeteksi rabies walaupun laporan yang tercatat ada sebanyak 155 kasus gigitan anjing.


"Untuk saat ini dari hasil pemeriksaan belum ada yang terkena rabies. Kita juga sudah memastikan ke dinas kesehatan untuk ketersediaan vaksin anti rabies (VAr) tersedia dalam jumlah yang cukup," ucapnya.


Bupati berharap agar warga yang memelihara anjing untuk dapat menjaga kesehatan anjing atau hewan peliharaan lain yang berpotensi menyebarkan Virus Rabies.


Dengan memeriksakan dan menerima Vaksin Rabies pada HPR (Hewan Penular Rabies) di klinik hewan di dinas pertanian Kabupaten Karo tanpa dipungut biaya atau gratis.


Selain itu, secara rutin setiap tahun pada bulan september akan dilakukan Vaksinasi Rabies massal pada anjing di seluruh Kabupaten Karo.


Penulis : Raden

Editor : Rudi