Iklan Header

Selasa, 25 Juli 2023, 10:42 WIB
Last Updated 2023-08-17T03:50:50Z
AdvertorialBaca BukuDairiPerpustakaan

Perpustakaan Raja Naga Jambe, Wahana Baru Untuk Anak-anak Dairi

Suasana anak saat bermain di Perpustakaan Raja Jambe. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Orang Tua di Kabupaten Dairi khususnya di kota Sidikalang sudah punya wahana baru untuk anak-anaknya.


Namanya Perpustakaan Daerah Raja Naga Jambe tepatnya di lokasi taman rekreasi Sidikalang.


Sebagai partisipasi dalam menumbuhkan minat baca anak sejak dini, Perpustakaan Daerah Raja Naga Jambe ini tak hanya menyediakan ruang baca bagi anak yang masih duduk di tingkat PAUD, TK, dan SD, tapi juga menyediakan banyak permainan untuk anak.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi melalui Staf Perpustakaan Layanan Ruang Baca Anak Desi Manalu, mengatakan anak yang datang ke perpustakaan ini akan di layani petugas.


“Perpustakaan Dairi menyediakan satu ruangan khusus bagi anak yang berkunjung ke sini. Jadi bagi anak yang datang, lebih dulu akan ditanya apakah sudah bisa membaca atau belum. Bagi anak yang sudah bisa membaca, akan diberikan form isian untuk menuliskan buku apa yang telah dibaca,” ujarnya, Senin (24/7/2023).


Di sana katanya di sediakan sarana bermain anak seperti kertas gambar, permainan puzzle atau lego, alat mewarnai, dan beberapa permainan anak lainnya.


Dan permainan yang paling digemari anak-anak adalah mewarnai.


Melalui kegiatan mewarnai tersebut diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak.


“Fasilitas yang disediakan perpustakaan tidak dapat dibawa pulang, kecuali kertas gambar yang sudah diwarnai oleh anak. Apabila anak tersebut sudah memiliki kartu keanggotaan, maka diberikan layanan peminjaman buku selama dua minggu dengan jumlah buku maksimal 2 buah. Sementara mereka yang belum memiliki kartu anggota, bisa membaca di perpustakaan saja,” katanya.


Menurut Desi, perpustakaan daerah harus memberikan pelayanan kepada masyarakat dari berbagai kalangan umum dan layanan seperti itu sesuai dengan tugas dan fungsi.


“Melalui layanan ini, maka perpustakaan turut memperkenalkan manfaat dan layanan perpustakaan kepada anak sejak usia dini, serta dapat meningkatkan tingkat literasi anak.” katanya.


Pengunjung ruang baca anak, Rolasni Lumban Tobing, menyampaikan kesannya saat berkunjung ke Gedung Perpustakaan Raja Naga Jambe.


Di perpustakaan itu katanya nyaman dan menyenangkan.


“Disini menyenangkan dan nyaman, selain dapat membaca buku kami juga dapat bermain,” ujarnya.


Dia mengaku hampir 2 kali dalam 1 Minggu ke Perpustakaan itu.


Dengan fasilitas yang lengkap Rolasni betah hingga tiga jam di perpustakaan.


“Fasilitas nya cukup lengkap, petugasnya ramah dan mau membantu pengunjung, benar-benar menyenangkan,” ujarnya. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi