Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 13 Agustus 2023, 18:11 WIB
Last Updated 2023-08-13T11:11:06Z
HUT RILari MerathonPakpak Bharat

750 Pelari Meriahkan Highland Marathon 5 K dan 10 K Kabupaten Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat melepas peserta. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id


Ratusan atlet marathon dari berbagai Daerah meramaikan Highland Marathon 5 K dan 10 K Kabupaten Pakpak Bharat.


Highland marathon diselenggarakan untuk memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.


Peserta dilepas Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor di Lapangan Napa Sengkut, Salak.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menyampaikan pentingnya menjaga prestasi olah raga Pakpak Bharat guna memperkenalkan Pakpak Bharat sendiri ke dunia luar.


“Sangat penting bagi kita untuk terus membangun prestasi olah raga Pakpak Bharat, guna memperkenalkan Daerah kita ini kepada dunia luar, salah satunya melalui event marathon ini,” ucap Franc.


Pakpak Bharat sendiri dikenal sebagai gudangnya para atlet.


Dalam berbagai event olah raga, baik PON, POPDASU, dan banyak event lainnya, atlet Pakpak Bharat selalu hadir dan selalu mampu meraih torehan.


Komandan Kodim 0206 Dairi, Letkol.Inf. Goklas Pirtahan Silaban turut memeriahkan ajang dengan total hadiah 70 juta Rupiah ini.


“Selain lintasannya yang menantang, olah raga ini juga penting untuk Kesehatan, saya selaku Komandan Kodim 0206/Dairi merasa senang dan bangga bisa meramaikan event ini, turut bahagia melihat antusiasme para peserta yang ikut kegiatan ini. Satu pesan saya bagi anak sekolah yang ingin mendaftar jadi anggota TNI harus siapkan diri dari sekarang dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan, tinggi Badan minimal 163 Cm dan harus memiliki berat badan ideal, sehat fisik,” ucap Dandim.


Total 750 pelari yang turut ambil bagian dalam event ini menyusuri lintasan menantang sepanjang Kota Salak.


Lintasan lari ini tergolong unik, kondisi topografinya cukup menantang dan menawarkan keindahan alam sepanjang rute lintasan.


Banyak pelari dari luar Daerah seperti Medan, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Aceh Singkil, Subulussalam, Samosir, Sibolga dan Daerah lainnya turut ambil bagian dalam event ini.


Firton Lumbantoruan dari Raider 100/PS berhasil finish di urutan pertama kategori Umum Putra.


Diikuti Berman Siahaan dari Kabupaten Tapanuli Utara dan Arwan Zebua dari Yonif 125/Simbisa masing-masing sebagai juara kedua dan ketiga.


Sementara pada kategori Umum Putri juara pertama diraih oleh Cilpia manalu disusul oleh Ina lyda dsn Pesta ramena di urutan kedua dan ketiga.


Pada kategori Pelajar Putra, Hiskia nababan meraih juara pertama disusul Ari dalimunte dan Horas Sitanggang sebagai juara kedua dan ketiga.


Semetara pada kategori pelajar putri juara pertama diraih oleh Fitri Elisa bersama Nirwana Manik dan Kesia Sihotang sebagai juara kedua dan ketiga.


Penulis : Raden

Editor : Rudi