Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 27 Agustus 2023, 17:19 WIB
Last Updated 2023-08-27T10:26:58Z
KPKParkirSiantar

Berebut "Proyek" Lahan Parkir di Siantar Belum Usai, Kadishub Masih Bungkam

Lokasi parkir di Jalan Bandung. (Foto/Ari).


SIANTAR - nduma.id


Persoalan lahan parkir di kota Siantar belum juga tuntas.


Dinas Perhubungan Kota Siantar yang seharusnya menjadi pengayom di nilai malah belum bisa memediasi.


Soni, seorang juru parkir (Jukir) di Jalan Bandung, kelurahan Dwikora, kota Siantar curhat kepada wartawan, Minggu 27 Agustus 2023.


Di lokasi parkir, tepatnya di kawasan Parkir Deli Food Court Siantar, Soni bercerita lokasi parkir disana masih di permasalahkan.


Soni yang biasa mengelola parkir di sana malah terkejut karena Dishub mengeluarkan SPT atas nama Kristian Panggabean. 


"Dua hari sebelum si Kristian memiliki SPT, saya sudah dahulu menerima SPT atas nama Rudi Samosir," curhat Soni selaku orang yang dipercaya Rudi Samosir untuk menjaga lapak parkir. 


Anak yatim piatu itu  menceritakan bahwa dirinya bekerja sebagai jukir untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dan membiayai adiknya yang masih duduk di bangku sekolah. 


Menjaga parkir di sana akunya sejak belum ada titik parkir terdaftar.


Lebih lanjut Soni mengatakan hal wajar jika dirinya bersikeras mempertahankan lokasi tersebut meskipun sudah ada jatuh korban penusukan. 


Soni juga menceritakan pada tanggal 24 Juli 2023 lalu terjadi penangkapan temannya sesama jukir bernama Akmal DP dan Liman. 


Katanya penangkapan itu dilakukan Polres Siantar.


"Saya merasa di diskriminasi oleh pihak kepolisian karena saya dipaksa untuk mengakui lakukan pungli," kata Akmal DP kepada awak media. 


Akmal juga menceritakan tentang penyerangan terhadap dirinya dan kawan-kawannya sesama jukir. 


"Penyerangan itu dilakukan pihak dishub bersama pihak Kristian, Sabri dan kawan-kawannya berjumlah kurang lebih 30 orang yang berpakaian preman," kata Akmal. 


Akmal dan Soni menduga Sabri adalah pemegang atau penguasa lahan parkir di beberapa titik di kota Siantar. 


" Sabri itu pegang beberapa lahan parkir di Siantar," kata Akmal dan Soni saat diwawancarai awak media di lokasi parkir. 


Sementara itu pengurus BMI Bernama abdul Malik Saragih mempertanyakan Sikap salah seorang anggota Dishub berinisial JH yang melakukan penertiban di lahan parkir itu. 


"Saya mempertanyakan sikapnya yang melakukan penertiban karena tidak menunjukkan surat tugasnya untuk melakukan penertiban," kata abdul Malik kepada awak media. 


Seorang Warga setempat  turut memberikan komentar atas kejadian ini. 


"Dalam situasi begini si jukir pasti merasa jadi korban," ujar warga bertubuh gempal yang tidak bersedia namanya disebut dalam pemberitaan. 


Sementara itu Kadishub Siantar sampai berita ini diterbitkan belum membalas konfirmasi wartawan melalui WhatsApp yang di layangkan Jumat kemarin.


Dari pemberitaan sebelumnya, persoalan berebut lahan parkir ini di ketahui wartawan pada Senin 21 Agustus 2023 lalu, tepatnya di kawasan Parkir Deli Food Court Siantar, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pematang Siantar.


Hingga saat ini Kadishub Siantar belum bisa di konformasi terkait solusi.


Jumat, 25 Agustus 2023, Kepala Dinas Perhubungan Siantar, Drs Julham Situmorang, M.si. saat ingin di konfirmasi nduma.id terkait bagaimana solusi yang diberikan pihaknya atas  aksi rebutan lahan parkir itu, Kadishub itu sedang tidak berada di kantor.


Lalu awak media melakukan konfirmasi melalui whatsApp tetapi belum dibalas, Hingga berita ini diterbitkan. 


Tak mau menyerah, awak media coba konfirmasi Poltak Simarmata selaku Kepala Bidang (Kabid) Teknik Sarana Prasarana Dishub Siantar. 


Tetapi Poltak juga sedang tidak berada dikantor. 


Lalu awak media mencoba konfirmasi melalui whatsApp. 


Tetapi Kabid Itu juga tidak menjawab hingga berita ini diturunkan. 


Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Siantar, Drs Julham Situmorang mengaku sudah membuat laporan ke polsek


"Sudah kita laporkan ke Polsek," kata  Julham. Senin 21 Agustus 2023 lalu.


Untuk memastikan kebenaran pernyataan Julham melaporkan ke polsek. 


Awak media mendatangi polsek Siantar Barat. 


Kanit Reskrim Polsek Siantar Barat, IPDA Rudi Setiawan, S.sos mengatakan belum ada terima laporan terkait Lahan parkir yang ada di jalan bandung, 


"Polsek Siantar Barat belum ada Terima  laporan" Kata  IPDA Rudi saat diwawancarai awak media di Ruang Unit reskrim Polsek Siantar Barat, jumat (25/08/2023).


Penulis : Ari

Editor : Rudi