Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 26 Agustus 2023, 23:15 WIB
Last Updated 2023-08-27T07:57:07Z
DairiKunkerSidasa

Dinas Kominfo Dairi Kembali Operasikan Aplikasi Sidasa

Sosialisasi aplikasi Sidasa. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) gelar kunker.


Tepatnya di Desa Tupak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, Rabu 23 Agustus 2023.


Disana instansi itu melakukan penyuluhan penggunaan Aplikasi Sidasa.


Sekretaris PKK Kabupaten Dairi Meri Debora Saragih mengatakan Dairi sudah mempunyai aplikasi Sidasa sejak tahun 2021, yang bekerja sama dengan Diskominfo Dairi.


“Melalui aplikasi Sidasa, kita dapat mengetahui kondisi riil yang terjadi di masyarakat, mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat terkecil seperti dusun dan desa," katanya.


Dijelaskan dengan memiliki data yang akurat, maka pemerintah dapat mengambil keputusan yang tepat.


Salah satu operator dari Diskominfo Jhon Rifin Purba, menyampaikan tujuan aplikasi Sidasa memberikan kemudahan untuk mengakses data masyarakat.


Seperti data kesehatan anggota keluarga,data tingkat pendidikan, kondisi ekonomi, data ibu hamil dan menyusui serta beberapa data lainnya. 


Selanjutnya, Jhon juga menyampaikan tahapan-tahapan penggunaan aplikasi Sidasa, mulai dari login aplikasi Sidasa hingga pengisian data masyarakat.


"Langkah awal yang di lakukan adalah membuka website Sidasa dan login berdasarkan user name yang telah terdaftar dan sudah diverifikasi oleh admin. Data yang diisi yaitu riwayat kondisi masyarakat,” ujar Jhon.


Ketua TP PKK Romy Mariani Simarmata menyampaikan aplikasi Sidasa akan membantu program pemerintah khususnya di desa, kecamatan dan kabupaten. 


"Untuk melihat data yang sesungguhnya, data yang akurat untuk pengambilan keputusan yang akurat. Sidasa ini akan hadir dalam bentuk aplikasi, yakni aplikasi Sidasa. Ini sangat membantu, semoga stunting di Desa Tupak Raja dapat turun hingga di angka 14% sesuai dengan target yang sudah dicanangkan,” ucap Romy Mariani.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi