Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 22 Agustus 2023, 12:14 WIB
Last Updated 2023-08-22T05:14:56Z
Pelajar SMPTOBA

Bupati Toba Tanamkan Budaya Batak Naraja Kepada Pelajar SMP 4 Balige

Bupati Toba foto bersama pelajar. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Bupati Toba Poltak Sitorus berkunjung ke SMP Negeri 4 Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Selasa 22 Agustus 2023.


Pada apel pagi, Poltak menyampaikan pesan kepada para siswa agar budaya 'Batak Naraja' terus ditanamkan sejak dini.


Batak Naraja  yang ditekankan oleh Bupati Toba adalah 'Marugamo' yang berarti peduli, 'Maradat' yang berarti sopan, 'Marparbinotoan' yang berarti cerdas dan bijaksana, serta 'Maruhum' yang berarti taat aturan dan disiplin. 


"Apapun agama anak-anak sekalian, sebagai umat yang beragama kita harus peduli dan penuh kasih. Jadi kita harus peduli kepada siapa saja," kata Poltak Sitorus. 


"Sebagai orang yang 'maradat', kita juga harus sopan, harus santun. Tidak boleh melawan guru, melawan orang tua," tandas Poltak.


Selain menyampaikan makna 'Marugamo' dan 'Maradat', Poltak Sitorus juga menjelaskan pengertian 'Marparbinotan' dan 'Maruhum'.


"'Marparbinotoan' itu artinya harus cerdas, pandai. Bagaimana supaya pandai? Maka harus belajar terus," tambahnya lagi. 


"Kalau 'Maruhum', artinya kita harus taat aturan, taat hukum, harus disiplin," Poltak Sitorus melanjutkan. 


Untuk mencapai itu semua, Bupati Toba mengajak para siswa dan guru untuk terus memperbaiki semua aspek dalam diri, termasuk memperbaiki cara belajar, sikap, dan hal lainnya.


"Nah, untuk mencapai itu semua maka kita harus terus memperbaiki diri. Sampai kapan kita memperbaiki diri? Sampai seterusnya," katanya.


Memperbaiki diri secara terus menerus itu disebutnya dalam Bahasa Batak, Torus Pature Pature Torus.


Selain itu, Poltak Sitorus juga berpesan kepada para siswa agar menolak narkoba, tidak tawuran dan tidak buang sampah sembarangan. 


"Ada Pak Satpol-PP di sini. Kalau mau tawuran minta izin dulu sama Satpol-PP, minta izin sama guru, sama kepala sekolah," ujar Poltak Sitorus dengan nada bercanda. 


Sebelum mengakhiri sambutan dan bimbingannya, Poltak Sitorus mengundang para siswa juara umum dari semua angkatan untuk maju ke depan, dan memberikan hadiah kepada siswa yang mendapat juara umum.


Selanjutnya  Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu, Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kakan Satpol-PP Harianto Butarbutar menggelar pertemuan dan menyampaikan arahan  bimbingan kepada Kepala Sekolah, Berliana Pasaribu dan  seluruh guru SMP N 4 Balige.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi