Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 30 Agustus 2023, 18:19 WIB
Last Updated 2023-08-30T15:47:35Z
DPRD SiantarKesehatanSampahSiantar

GMKI Kritisi Soal Sampah di Siantar, Walikota di Nilai Gagal

Kawasan pembuangan sampah di Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Pematang Siantar - Simalungun terus memantau program-program yang digagas oleh walikota Siantar.


Salah satunya program Lihat Sampah Ambil (LISA) yang di gagas walikota guna mewujudkan Siantar sehat.


Tetapi, GMKI menilai walikota gagal dalam mewujudkan Siantar sehat.


Sekretaris GMKI cabang Pematang Siantar - Simalungun Lily S Munthe melalui Sekfung Aksi dan Pelayanan GMKI Indra C Simarmata melihat bahwa kawasan pembuangan sampah di Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba kota Pematang Siantar sudah sangat menumpuk seperti gunung.


Menurutnya seharusnya sampah-sampah itu dapat di tindak lanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk mewujudkan Siantar sehat.


"Setiap harinya tumpukan sampah itu akan bertambah dan kian menggunung. Saya miris melihat lokasi pembuangan tempat sampah yang berada di Tanjung Pinggir tersebut," kata Indra.


Dinas Lingkungan Hidup dikatakan sudah harus memiliki langkah-langkah yang lebih ekstra untuk mempercepat penanganan permasalahan tempat pembuangan sampah.


"Dalam mewujudkan kota Siantar sehat yang merupakan tujuan dari program walikota Siantar. Dinas lingkungan hidup juga harus memikirkan kesehatan masyarakat sekitar dampak dari tumpukan sampah yang seperti gunung tersebut." ujar Indra Simarmata, Senin (28/8/2023).


Diapun menilai dinas lingkungan hidup gagal mewujudkan Siantar sehat dan terkesan seperti tidak serius menyelesaikan persoalan sampah.


"Saya melihat semakin hari tumpukan sampah semakin tinggi seperti Gunung, seakan akan kota Siantar saat ini menjadi kota gunung sampah," sebutnya.


Dinas lingkungan hidup diharapkannya tidak bermain-main dalam penyelesaian sampah.


"Karena ini menyangkut masyarakat yang tinggal disekitar daerah tersebut," sebut Lily Munthe.


Alat berat di kawasan pembuangan sampah di Tanjung Pinggir. (Foto/Ari). 


Terkait sampah di kawasan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba kota Pematang Siantar ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis DLH) Kota Pematang Siantar, Dedy Tunasto Setiawan mengatakan, pihaknya terus berkomitmen melakukan penanganan sampah.


Dinas Lingkungan Hidup setiap hari melakukan penataan di TPA dan juga sedang melakukan komunikasi dengan pihak ketiga atau investor untuk mengelola sampah di TPA.


"Untuk itu, kami meminta dukungan dari semua pihak termasuk rekan media dalam penanganan sampah ini." kata Dedy Tunasto, Rabu (30./8/2023).


Penulis : Ari

Editor : Rud