Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 17 Agustus 2023, 09:57 WIB
Last Updated 2023-08-17T02:57:41Z
Hut RI ke 78Pawai OborTOBA

Jelang HUT RI Ke-78, Pemda Toba Gelar Pawai Obor Taptu

Masyarakat Toba melakukan pawai obor. (Foto/James Sirait).

TOBA-nduma.id


Dalam rangka jelang HUT Kemerdekaan RI Ke-78 tingkat Kabupaten Toba Pemerintah Kabupaten Toba menyelenggarakan upacara pawai obor penetapan waktu (Taptu) di halaman kantor Bupati Toba, Rabu 16 Agustus 2023.


Selain Forkopimda pawai obor Taptu juga melibatkan seluruh instansi vertikal, BUMN, BUMD, para pelajar tingkat SD, SMP, SMA, organisasi kemasyarakatan serta insan pers. 


Kepala Pengadilan Negeri Balige, Evelyn Napitupulu bertindak sebagai Inspektur upacara sekaligus penyala obor utama untuk selanjutnya dinyalakan secara estafet kepada seluruh peserta.


Kegiatan pawai obor Taptu mengambil start dari halaman Kantor Bupati Toba melewati Jalan Sutomo menuju Bundaran DI. Panjaitan.

 

Selanjutnya masuk menuju Jalan Mulia Raja Napitupulu dan berakhir di Venue F1H2O sebagai lokasi utama upacara detik-detik proklamasi tingkat Kabupaten Toba pada tanggal 17 Agustus 2023 besok.


Usai berangkatkan pawai obor, Bupati Toba mengajak agar masyarakat saat menyalakan obor Taptu tetap semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan satu hal yang baik karena para pahlawan telah merelakan segalanya dan berkorban darah bahkan nyawa untuk kemerdekaan ini


"Maka, melalui nyala obor ini hendaknya menjadi rasa syukur untuk mengisi semangat yang tidak akan padam seperti pesan Presiden RI dimana kira-kira 60% masyarakat Indonesia adalah usia produktif, oleh sebab itu, kita dorong untuk lakukan yang produktif dan berikan kemerdekaan ini untuk sesuatu yang baik,".


Di contohkan Poltak, di Kabupaten Toba masyarakat kekurangan daging dan telur ayam karena itu poltak mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan pelihara ayam dan telur untuk mencukupi kebutuhan anak-anak dan peduli dalam menekan stunting di Toba.


"Itu adalah tindakan kecil yang produktif yang seyogyanya bisa kita lakukan di samping banyak hal produktif lain yang harusnya bisa kita lakukan," ucap Bupati Poltak Sitorus.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi