Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 11 Agustus 2023, 19:24 WIB
Last Updated 2023-08-11T12:24:55Z
HUT RITOBA

Kecamatan Silaen Gelar Berbagai Lomba Semarakkan HUT RI

Peserta lomba gerak jalan. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Memeriahkan HUT ke-78 RI, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, menggelar lomba gerak jalan antar sekolah.


Diikuti 54 tim putra-putri dari 22 sekolah tingkat SD dan 5 SMP se-Kecamatan Silaen. 


"Lomba gerak jalan ini untuk memeriahkan HUT ke-78 RI. Gerak jalan diikuti oleh 54 tim putra-putri dari tingkat SD dan SMP. Untuk SD diikuti 22 sekolah, sementara dari SMP diikuti 5 sekolah," ujar Camat Silaen, Moses Simanjuntak usai apel gabungan yang digelar di Tanah Lapang Parbalean Silaen. 


Adapun rute gerak jalan dimulai dari Lapangan Parbalean-Jl. DI. Panjaitan-SMA N1 Silaen-Jl. Sisingamangaraja dan finish di Kantor Camat Silaen.


Lomba gerak jalan ini dibuka langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus pada Jumat 11 Agustus 2023 pagi. 


Selain lomba gerak jalan, beberapa lomba lain juga digelar untuk memeriahkan HUT RI ke -78, termasuk senam Lansia (Lanjut Usia), Yelyel Lansia dan Tortor Batak Naraja Lansia antar desa yang diikuti 22 desa. 


Lomba senam, yelyel dan tortor batak naraja oleh Lansia digelar selama 3 hari, terhitung sejak Kamis-Sabtu (10-12/8/2023) yang dilaksanakan di halaman Puskesmas Silaen. 


"Ini tiga kategori, yakni kategori Senam, Yelyel dan Tortor Batak Naraja oleh Lansia. Lewat lomba ini kita akan tentukan juara 1-3 dan juara harapan 1-2," ujar Kapus Silaen, dr. Posma Situmorang di halaman Puskesmas Silaen.


Bupati Toba, Poltak Sitorus juga hadir saat lomba senam Lansia. 


"Berbahagialah supaya sehat. Jika ada masalah dilupakan saja, ingat Tuhan yang memberkati kita. Rajinlah senam lansia supaya panjang umur," pesan Poltak Sitorus kepada para Lansia. 


Selain itu, ia juga mengajak salah seorang lansia untuk berbincang dan menanyai perihal tindakan-tindakan yang dilakukan oleh Bidan Desa kepada para Lansia. 


Selain itu Poltak Sitorus juga bertanya soal kebutuhan para Lansia yang saat itu diwakili oleh Rosmaida Hutagaol dari Desa Sinta Dame. 


"Jadi apalah kira-kira permintaan mu, Inong (Ibu)?" tanya Bupati. "Molo boi nian Amang Training nami ma nian (Kalau bisa Pak, kami minta baju traininglah, Pak)," jawab Rosmaida Hutagaol spontan. 


Menanggapi permintaan itu, Poltak Sitorus mengatakan akan mengupayakan pakaian training tersebut.


Selain lomba antar Lansia dan gerak jalan. 


Kecamatan Silaen juga menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan HUT ke-78 RI mendatang, diantaranya


Lomba Sepak Bola antar sekolah tingkat SD, Lomba Bola Voli Karang Taruna antar desa.


Lalu Lomba Tarik Tambang antar pemerintah desa, Fashion show oleh anak-anak, remaja dan dewasa, Lomba Vokal Grup antar sekolah SD dan SMP, Lomba Make up PKK antar Desa. 


"Masih banyak lomba yang lain lagi. Yang pasti perayaan 17 Agustus 2023 ini akan sangat meriah di Kecamatan Silaen," ujar Moses Simanjuntak.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi