Iklan Header

Senin, 21 Agustus 2023, 09:41 WIB
Last Updated 2023-08-21T02:41:00Z
DairiPujakesuma

Meriah, Bupati Dairi Sambangi Syukuran HUT Pujakesuma Dairi

Bupati Dairi menerima tumpeng syukuran HUT Pujakesuma. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera Utara (Pujakesuma) Kabupaten Dairi menggelar syukuran ulang tahun Pujakesuma ke-43.


Acara dirangkai dengan HUT RI ke-78 di Taman Rekreasi (Tamrek) Sidikalang Kabupaten Dairi, Minggu 20 Agustus 2023.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan kekaguman dan terhibur, apalagi saat pemain musik menghentakkan gamelan dan gendang sebagai tanda mengiringi tarian Reog Ponorogo dan Kuda Kepang.


"Saya kagum. Ternyata nenek moyang kita dulu mengekspresikan kepada masyarakat melalui tarian. Gendang-gendang itu juga sangat luar biasa, menggetarkan. Saya sendiri merasa bergetar. Hentak-hentakkannya berbeda," ujar Eddy Berutu.


Dia menilai para leluhur sangat menjaga nilai kebudayaan dan menjaga keberagaman melalui tarian.


"Mereka menunjukkan persaudaraan. Nah inilah kunci dari kesuksesan bangsa Indonesia. Kebhinekaan tapi tunggal," ucapnya.


Bupati Dairi meminta agar budaya tersebut dapat terus dilestarikan.


Dia berharap dengan kehadiran tarian tersebut dapat mempererat tali persaudaraan dan keberagaman yang ada di Kabupaten Dairi.


"Mari kita lestarikan, tapi kita budayakan kembali. Ini akan mempererat persaudaraan kita dan membuktikan keberagaman kita," kata Eddy Berutu.


Disana Bupati Dairi juga berkesempatan mengunjungi stand penjualan es dawet yang berada di sekitar lokasi acara.


Eddy Berutu juga mengajak penjual Es Dawet agar mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.


"Tadi saya tanya, sudah dapat KUR belum. Kata mereka belum, tapi sudah dibina oleh PLUT. Sehingga kita harapkan pelaku UMKM ini bisa mengembangkan usaha menjadi lima sampai sepuluh gerobak dan tentunya akan menyerap anak muda untuk bekerja," ucap Eddy Berutu.


Penulis : Raden

Editor : Rudi