Iklan Header

Selasa, 01 Agustus 2023, 19:13 WIB
Last Updated 2023-08-01T12:13:51Z
Food EstatePakpak BharatPanen JagungPertanian

Pakpak Bharat Panen Jagung di Lahan Food Estate

Bupati Pakpak Bharat di lokasi penen jagung perdana. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, STTU Julu - nduma.id


Masyarakat petani food estate dan offtaker (PT. Parna Raya) Panen Perdana tanaman jagung di lahan food estate, Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Selasa 1 Agustus 2023.


Panenan perdana itu di lahan seluas 5 Ha di usia tanam 3,5 bulan.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengatakan Food Estate adalah bagian dari program pembanguan Lumbung Pangan Baru yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat Bersama Pemerintah Daerah.


Tokoh masyarakat Ulumerah, Tamen Berutu mengapresiasi pemerintah atas program itu.


"Terlebih bapak Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi,  Bapak Luhut Binsar Panjaitan, bapak Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, PT . Parna Raya dan semua pihak yang lain," katanya.


Program itu dinilai sebagai perhatian besarnya bagi masyarakat petani.


"Tanah kami luas, sangat luas namun kami tidak sanggup untuk mengelola, silahkan dikelola asalkan untuk kemajuan masyarakat akan kami berikan," ungkap Tamen Berutu.


Staf Khusus Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Dr. Van Baste mengungkapkan, Panen Perdana ini menjadi hadiah spesial di ulang tahun ke-20 Kabupaten Pakpak Bharat.


"Ini saya rasa menjadi hadiah spesial dan selamat Ulang Tahun bagi Kabupaten Pakpak  Bharat," katanya.


Dia melihat pembangunan semakin massive di kabupaten Pakpak Bharat.


"Kedepan akan terus kita kembangkan, jalan, infrastruktur dan lainnya, harus  bisa lebih baik dari yang sudah ada sekarang ini, terintegrasi dan berkelanjutan," ucapnya.


Usai panen perdana Bupati Pakpak Bharat mengajak perwakilan PT. Parna Raya, dan seluruh undangan yang hadir meninjau lahan seluas 20 Ha yang telah dipersiapkan sebagai area penanaman tahap selanjutnya bagi tanaman jagung di area Food Estate ini. 


Direncanakan dalam waktu dekat akan dilakukan penanaman secara serentak di area itu.


Penulis : Raden

Editor : Rudi