Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 18 Agustus 2023, 10:36 WIB
Last Updated 2023-08-18T03:36:20Z
Hut RI ke 78Pakpak BharatPaskibraka

Pengibaran Bendera Merah Putih di Pakpak Bharat Sukses

 

Bupati Pakpak Bharat menyerahkan baki bendera. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Pengibaran  Sang Saka Merah Putih memperingati detik detik proklamasi ke 78 tahun RI di Kabupaten  Pakpak Bharat berlangsung sukses.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor memimpin upacara itu.


Bertindak selaku Komandan Upacara Kasat Lantas Polres Pakpak Bharat, AKP. Mujiono.


Penampilan atraksi Pasukan Pengibar Bendera yang bergerak mengibarkan sang merah putih berlangsung khidmat, anggun dan penuh makna perjuangan.


Mereka bergerak teratur membentuk formasi angka 78, melambangkan 78 tahun Indonesia merdeka.


Bupati Pakpak Bharat mengatakan upacara peringatan detik-detik proklamasi harus dimaknai sebagai sebuah perjuangan, mengenang bersama perjuangan para pendahulu, para pejuang dan tokoh kemerdekaan yang memperjuangkan kemerdekaan Republik ini, cucuran keringat, darah, pengorbanan, nyawa dan harta banyak dipertaruhkan untuk kemerdekaan.


“Tugas kita sekarang adalah mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan, bahwa api kemerdekaan tidak boleh padam, senantiasa menyala dalam setiap insan Indonesia yang cinta tanah air,” ungkap Bupati Pakpak Bharat di Napa Sengkut, Kamis (17/8/2023).


Ratusan masyarakat sekitar Kota Salak turut menyaksikan jalannya upacara dari sekitar tepian lapangan Napa Sengkut.


Tidak sedikit bahkan mengabadikan momen bersejarah dengan kamera mereka.


Upacara Peringatan Detik-detik proklamasi tingkat Kabupaten Pakpak Bharat juga diisi dengan pemberian penghargaan bagi para pemenang lomba yang diselenggarakan guna memeriahkan Peringatan HUT RI ke 78 ini, termasuk penghargaan bagi empat kecamatan terbaik tahun 2023, atraksi marching band dari para pelajar sekitar Kota Salak serta banyak hiburan lainnya.


Ratusan peserta upacara terdiri dari personel TNI/Polri, ASN, Ormas Kepemudaan, para pelajar dan lainnya mengawali upacara dengan barisan defile memasuki lapangan Napa Sengkut, Salak tempat upacara ini berlangsung.


Penulis : Raden

Editor : Rudi