Iklan Header

Selasa, 22 Agustus 2023, 07:33 WIB
Last Updated 2023-08-22T00:33:51Z
Dinas SosialTOBA

Penyandang Disabilitas di Balige dan Laguboti Terima Alat Bantu

Poltak Sitorus berbincang bersama warga penerima bantuan. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Dinas Sosial Kabupaten Toba menyerahkan bantuan alat bantu kursi roda, walker tongkat ketiak serta tongkat kaki tiga kepada 24 orang warga  Kecamatan Balige dan 13 warga Laguboti, penyandang disabilitas di Kantor Camat Balige, Senin 21 Agustus 2023.


Alat bantu itu diserahkan langsung Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Kadis Sosial Lalo Hartono Simanjuntak.


Setelah menerima alat bantu ini para penerima manfaat ini di harap bisa lebih bersemangat sehingga ikut juga memberikan motivasi bagi pemerintah.


“Bapak, ibu harus kuat jasmani dan rohaninya. Lewat bantuan ini dapat menguatkan jasmani bapak, ibu. Terimalah bantuan ini dengan senang hati, dengan demikian Bapak, ibu bisa menguatkan kami," kata Poltak Sitorus.


Semangat dari para penerima bantuan di katakan Poltak menjadi motivasi pemerintah untuk bekerja lebih baik.


"Jika kalian semangat dan mampu berbuat sesuatu yang lebih, maka akan menjadi memotivasi bagi kami. Semoga bantuan ini bermanfaat buat bapak,ibu sekalian,” tandas Poltak.


Dia didampingi Sekcam Balige Nova Pardede, Kadis Kesehatan dr.Freddi S Sibarani, dan Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar.


Usai penyerahan di Balige rombongan kembali menyerahkan alat bantu serupa di dari kantor Camat Laguboti.


Di Gedung Pertemuan Laguboti, Camat Laguboti, Aprillia Nessy Tampubolon menyampaikan terima kasih kepada Bupati Poltak Sitorus atas berbagai bantuan dan perhatian pemerintah, termasuk melalui  Dinas Sosial yang diterima warganya.


Di kesempatan itu Bupati berpesan agar warga bersama-sama ikut memperbaiki ke arah yang lebih baik secara terus menerus atau yang sering disebutnya dalam Bahasa Batak yaitu  Pature torus, torus pature .


"Perubahan itu dimulai dari hal kecil, dari diri sendiri, dengan menjadikan kekurangan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik nantinya. Para penerima alat bantu ini diharapkan  semakin mandiri dan produktif, serta mampu memperluas ruang geraknya" ujar bupati.


Setelah menyampaikan pesan membangun hal-hal positif ini, Poltak Sitorus menyerahkan alat bantu kepada  13 penyandang disabilitas.


Kadis Sosial Kabupaten Toba  Lalo Hartono Simanjuntak melaporkan bahwa  jumlah warga yang layak menerima bantuan serupa  berjumlah 1670 orang.


Tapi karena keterbatasan anggaran, untuk tahun ini Kabupaten Toba masih hanya bisa menyalurkan bantuan untuk 98 orang saja.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi