Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 18 Agustus 2023, 09:14 WIB
Last Updated 2023-08-18T02:14:31Z
Hut RI ke 78TOBA

Rangka HUT RI Ke-78 Pemda Toba Gelar Resepsi Kenegaraan

Foto bersama usai malam Resepsi kenegaraan. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Malam Resepsi Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia digelar Pemerintah Kabupaten Toba bersama unsur Forkopimda, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis, 17 Agustus 2023.


Disana, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan, bahwa kemerdekaan bukanlah didapatkan dengan cuma-cuma. 


Akan tetapi dengan perjuangan para pahlawan terdahulu, yang rela mengorbankan nyawanya.


"Malam resepsi kenegaraan, malam seperti inilah kita bersyukur atas kemerdekaan. Jadi di malam ini kita mengingat bahwa kemerdekaan ini bukan gratis. Ini dibayar mahal, harganya tak ternilai. Siapa yang bisa membayar darah, nyawa. Tidak ada yang bisa membayar itu," ujar Bupati Poltak Sitorus.

 

Untuk itulah Dia mengajak mengisi kemerdekaan dimulai dari hal-hal kecil.


"Adik-adik kami, berprestasi saja di sekolahmu, itu sudah mengisi kemerdekaan," sebutnya memotivasi Paskibra Toba.


Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Toba, dalam mengisi kemerdekaan, diantaranya perbaikan jalan (infrastruktur), dan peningkatan SDM di bidang pendidikan, dengan merebut kursi sebanyak-banyaknya di SMA Unggul Del dan Yayasan Tunas Bangsa Soposurung.


Kemudian di bidang kesehatan, saat ini Rumah Sakit Umum Porsea di Kabupaten Toba sudah bisa melayani pasien penderita katarak, dengan waktu operasi yang singkat, hanya sekitar 15 menit.


Selanjutnya, untuk mendukung suksesnya event (olah raga air) F1H2O, Ski air, dan Jet Ski di Bulan November mendatang, Pemerintah Kabupaten Toba telah membuka kesempatan seluas-luasnya, bagi perantau untuk berinvestasi di Toba.


Sementara itu, Kapolres Toba, AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb, berpesan agar masyarakat di Kabupaten Toba jangan suka bertengkar khususnya masalah warisan, apalagi dengan saudara sendiri yang masih satu marga.


Dia menyebutkan Filosofi orang Batak Dalihan Natolu itu, saat ini sudah mulai pudar.


Hal ini terbukti dari banyaknya kasus pengaduan masyarakat, dimana saudara dengan saudara saling melaporkan.


Seharusnya, sikap sopan santun dan rasa saling menghormati orang Batak itu jangan hanya terlihat saat ada pesta saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari, harus bisa menurunkan ego, demi menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya masyarakat Toba.


Turut memberikan sambutan, Bupati pertama Kabupaten Toba, Sahala Tampubolon. 


Menurutnya, kebersihan, dan tatakrama, terutama pedagang, masih perlu dibenahi.


Jangan sampai ada pedagang yang menjadi cerewet, atau mengomel, kalau barang dagangannya tidak jadi dibeli pengunjung.


"Kalau turis datang, pertama yang dilihat kebersihan, kemudian tatakrama. Jangan karena pengunjung hanya melihat barangnya, lalu ditawar, tidak jadi diambil, lalu cerewet kita.

 

"Harus ada kesabaran. Toba harus maju, dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati," kata Bupati pertama Kabupaten Toba itu.


Menutup kegiatan ini, Panitia mengumumkan lomba Kecamatan terbaik Kabupaten Toba Tahun 2023, sekaligus penyerahan hadiah kepada Camat.


Kecamatan Nassau meraih juara 3, kecamatan Balige juara 2, dan juara 1 adalah Kecamatan Siantar Narumonda. Semoga menjadi motivasi bagi Kecamatan lain, untuk bisa menjadi yang terbaik.


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi