Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 15 Agustus 2023, 08:27 WIB
Last Updated 2023-08-15T01:28:58Z
BPJSMedanTenaga Kerja

Sertijab Dari BPJS Padang Sidempuan, Dr. Sanco Simanullang Jabat Wakakanwil Kepesertaan Sumbagut

Sertijab di Kantor BPJS Medan. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Dr. Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng yang menjabat sebagai Kepala Kantor Cabang Padang Sidempuan kini di percaya menjabat Wakil Kepala Kantor Wilayah (Wakakanwil) Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), membawahi Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. 


Sebelumnya Kantor Cabang Padang Sidempuan membawahi 12 Kabupaten Kota, Tabagsel, Tabagteng dan Kepulauan Nias.


Sanco menggantikan posisi Awalul Rizal yang mutasi menjadi Kepala Kantor Cabang Cileungsi Bogor. 


Sebelumnya, Sanco memimpin Cabang Padangsidimpuan periode Februari 2022 hingga Agustus 2023 atau 1, 5 tahun.


Namun, seiring terbitnya SK Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Nomor KEP/171/082023 tanggal 2 Agustus 2023, Sanco kini bertugas di Medan, menjabat Wakil Kepala Kanwil Sumbagut bidang Kepesertaan. 


Selama memimpin Sidempuan, Sanco dinilai berhasil memberi performa yang cukup menggembirakan, dan sejak tahun 2022 hingga Juli 2023, masuk dalam jajaran Kantor terbaik nasional. 


Selanjutnya, tongkat kepemimpinan Cabang Padang Sidempuan kini diserahkan pada Eris Aprianto. 


Eris sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Kepesertaan Kantor Cabang Graha BP Jamsostek Jakarta. 


Eris juga dinilai berprestasi sehingga  dipromosi  menjadi Kepala Kantor Cabang Sidempuan. 


Serah Terima jabatan (Sertijab) di gelar Senin 14 Agustus di Kantor  Wilayah Sumbagut Jalan Kapten Pattimura No. 334 Medan, sebagaimana keterangan tertulis dilansir Jamsostek Sumbagut.


Helatan serah terima Jabatan  dihadiri para Wakil Kepala Kantor Wilayah dan Para Kepala Cabang se Medan Raya (Medan Kota, Medan Utara, Tanjung Morawa dan Binjai). 


Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Henky Rhosidien yang memimpin serah terima Memori Jabatan mengungkapkan pergantian pimpinan atau mutasi jabatan merupakan sesuatu yang biasa dan lumrah dimana  tujuannya adalah untuk penyegaran. 


Henky berharap  kepemimpinan yang baru BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan dapat mempertahankan dan merebut juara Nasional di akhir 2023.


“Seni pendekatan dan negosiasi kepada stakeholder di daerah, tentunya jauh berbeda dengan yang ada di Ibukota Jakarta," ungkap Henky. 


"Namun saya yakin Pak Eris akan cepat beradaptasi dan optimis dapat membawa Kacab Padangsidimpuan lebih bersinar lagi,” sambungnya.


Mempertahankan prestasi katanya jauh lebih sulit dari pada meraih posisi. 


"Kita tahu bang Eris juga berprestasi di Jakarta. Namun tantangan di Sidempuan Raya juga cukup besar dan luas  karena wilayah kerjanya ada yang masuk 3T wilayah terluar, dan terpencil seperti Kepulauan Nias," ujarnya.


Kepada Wakil Kakanwil  Bidang Kepesertaan yang baru, Henky berharap dapat mendongkrak kepesertaan dan meningkatkan kinerja disisa masa waktu hingga akhir tahun. 


"Saya yakin kanwil Sumbagut dapat meningkatkan kinerja terbaik untuk mengejar ketertinggalan. Selamat datang  Lae Sanco di Kanwil Sumbagut kiranya dapat meningkatkan quality dan sustainable, dan mudah-mudahan pada akhir tahun ini bisa mendapatkan kinerja terbaik. Saya doakan semua teman-teman yang hadir dan yang di cabang dapat sehat dan semangat menuntaskan  pertandingan hingga akhir tahun, dalam melindungi pekerja Indonesia, " katanya.


Profil Dr. Sanco Simanullang


Sanco Simanullang  sebelum menjadi Kepala Kantor Padang Sidempuan, adalah Kepala Cabang Sibolga (2021).


 Juga merintis pembukaan Cabang Karo menjabat Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Karo (2015).


Kepala Pemasaran Jamsostek Tanjung Morawa (2013).


Kepala Bidang Teknologi Informasi Cabang Belawan (2012).


Dan Kepala Bidang Umum dan SDM Jamsostek Sibolga (2011)


Sanco Simanullang kelahiran Dolok Sanggul, 30 Maret 1975 menyelesaikan pendidikan SD Hutagurgur (1986), SMP Negeri 1 Dolok Sanggul (1990), SMA Negeri Dolok Sanggul (1993), Sarjana Teknik Informatika Universitas Gunadarma Jakarta (1999), Magister Teknik Industri USU (2005) dan Doktor Teknik Industri USU (2019).


Ia juga tersertifikasi sebagai Anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan penerima Sertifikat dari ASEAN Engineer (Persatuan Insinyur ASEAN).


Pada tahun 2021, Sanco pernah calon Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) masuk 3 besar, dan Calon Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan masuk 13 besar. 


Ia juga pernah masuk dalam bursa Dirjen Imigrasi. 


Dalam bidang sosial, sejak 2019 suami Dessi Veronika Simanjuntak dan ayahanda trio Sasro, Ernesto Sasro, Taraja Sasro dan Glorindo Sasro ini tercatat sebagai Ketua Umum Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kota Medan dilanjutkan menjadi Ketua Partogam Provinsi Sumatera Utara (2023) dan Pengurus Pusat Yayasan Kesehatan HKBP.  


Pada kegiatan diluar dinas, Ia juga tercatat aktif sebagai dosen di beberapa kampus swasta mengajar mahasiswa S1 dan S2.


Penulis : Yustin

Editor : Rudi