Pertanian

Pertanian

Pendidikan

Pendidikan

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 08 September 2023, 08:04 WIB
Last Updated 2023-09-08T01:48:18Z
DairiMagangPelajar

10 Siswa SMK HKBP Sidikalang Magang di PLUT KUMKM Dairi

Sejumlah pelajar perkenalan lokasi magang di PLUT KUKKM. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Sebanyak 10 siswa SMK HKBP jurusan akuntansi dan multimedia resmi memulai masa magangnya di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dairi.


Kepala UPT PLUT Manarsar Marisi Halomoan Siburian, SE mengatakan itu melanjuti Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan SMK Swasta HKBP Sidikalang tentang Penyelenggaraan Kegiatan Magang Guru, Tenaga Pendidik dan Siswa.


"Sebelumnya kita telah melakukan penandatangan dan disaksikan oleh Bupati Dairi Eddy Berutu pada Bulan Agustus kemarin. Tujuan kerja sama ini adalah untuk membantu pengembangan keterampilan siswa-siswi. Tapi di dalam prosesnya, kita memang akan sama-sama saling belajar," ujarnya, di Gedung PLUT Raja Asah Ujung Van Keppas Sidikalang, Senin (4/9/2-23).


Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Dairi yaitu Dairi Cerdas, Dairi Unggul.


"Saat ini memang masih satu sekolah, tapi kita berharap kegiatan seperti ini akan menginspirasi pihak-pihak lainnya," ucapnya.


Tri Cahyono Simbolon, peserta magang sekaligus siswa kelas XI Akuntansi, menyampaikan magang akan berlanjut selama tiga bulan.


Hari pertama magang di Plut Kumkm Dairi diawali dengan pengenalan gedung dan ruangan, tata cara berpakaian, jadwal kerja, serta aturan yang harus diikuti selama magang.


"Tadi kami disambut langsung oleh Bapak Sampe Berutu dan Bapak Mhd Lemsiun Munte selaku konsultan di PLUT. Disini kami terdiri dari dua jurusan yaitu 5 siswa akuntansi dan 5 siswa multimedia," ucapnya.


Direncanakan, kata Tri, siswa jurusan multimedia akan belajar untuk merancang atau mendesain produk.


Sementara konsep magang untuk jurusan akuntansi yaitu cara pemasaran dan teknik penentuan harga.


"Harapannya magang ini dapat meningkatkan keterampilan kami, sehingga kami memiliki modal untuk dapat langsung berkecimpung di dunia kerja," ucapnya.


Penulis  : Luhut

Editor : Rudi