Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 18 September 2023, 16:46 WIB
Last Updated 2023-09-18T09:46:23Z
Pakpak BharatPilkadesPolisi

41 Calon Kepala Desa Pilkades Gelombang I di 13 Desa Pakpak Bharat

Foto bersama usai deklarasi Pilkades damai. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat - nduma.id


Para calon kepala desa Se Kabupaten Pakpak Bharat Deklarasi Damai Pilkades serentak gelombang I tahun 2023 di Desa Cikaok, Senin 18 September 2023.


Sebanyak 41 calon kepala desa akan berkompetisi dalam pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak di 13 Desa di 6 Kecamatan pada 4 Oktober 2023 mendatang. 


Para calon kepala desa itu sepakat untuk berkompetisi secara sehat, jujur, bermartabat dan penuh tanggung jawab, mentaati seluruh peraturan perundang-undangan, saling menghormati sesama calon kepala desa, tidak melakukan praktek money politik, serta bertekad untuk siap menang dan siap kalah dalam kontestasi.


"Sering terjadi inkonsistensi pada sebuah deklarasi, yang pada akhirnya, efek dominonya berimbas pada aparat keamanan. Pesan kapolres agar betul-betul memaknai apa itu arti deklarasi," sebut Wakapolres Pakpak Bharat, Kompol E Sibuea dalam sambutannya.


"Berbuat, bekerja dan bersosialisasilah didalam koridor yang telah ditentukan, ini harapan kami," ucap Perwira Penghubung Kodim 0206 Dairi, Mayor Martua Manurung.


"Mari melaksanakan tahapan Pilkades sesuai aturan," tandas Ketua DPRD Pakpak Bharat, Hotma Ramles Tumangger.


Sementara itu Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Wakil Bupati, H Mutsyuhito Solin, mengungkapkan bahwa biaya penyelenggaraan Pilkades telah disediakan melalui APBD Kabupaten.


Sehingga para calon tidak lagi dibebani dengan biaya seperti sebelumnya. 


Hal ini diharapkan lebih memberikan ruang kepada seluruh elemen masyarakat untuk lebih bisa berkompetisi secara sehat.


"Oleh karenanya saya menghimbau agar para calon Kepala Desa untuk bisa bersaing secara jujur dan adil, serta tidak melanggar peraturan yang berlaku. Berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkades berlangsung," sebut Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi