Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 16 September 2023, 17:47 WIB
Last Updated 2023-09-16T10:47:51Z
KaroPelatihan

80 Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Pemkab Karo Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis

Sekda Karo di acara Pengelolaan Arsip dinamis Pemkab Karo. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Melatih perangkat daerah mahir dalam mengelola arsip, Pemerintah Kabupaten Karo memberikan pelatihan  Pengelolaan Arsip Dinamis Daerah Kabupaten di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.


Pelatihan di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karo di Hotel Suite Pakar Berastagi, Jumat 15 September 2023.


Selain untuk mahir, pelatihan juga bertujuan menjamin terciptanya arsip dinamis sebagai bukti akuntabilitas pemerintah dan pembangunan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan arsip dinamis yang baik. 


Sekda Kabupaten  Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si menyampaikan bahwa untuk mewujudkan terpenuhinya data dan informasi yang akurat maka seluruh arsip yang disediakan harus dijamin otentik dan terpercaya. 


“Peran penting arsip dinamis dalam pelaksanaan reformasi birokrasi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dengan menyediakan informasi autentik dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan,” ungkap sekda. 


Pengelolaan arsip di daerah dikatakan harus dirancang sebagai bagian dari sistem kearsipan nasional.


"Hal ini mencerminkan kesadaran sebagai bangsa yang berbudaya dan secara langsung membuahkan hasil karya nyata dengan terpeliharanya arsip-arsip secara baik sebagai bukti keberadaan dan kinerja masing-masing dalam kerangka pembangunan nasional,” sebut sekda. 


Dengan terlaksananya pengelolaan arsip dinamis daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo ini diharapkan kepada perangkat daerah dapat mengelola arsip dengan baik.


Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan diminta dengan penuh kesungguhan dan dapat dilaksanakan dengan baik serta dapat menjadikan kegiatan ini menjadi ajang pertemuan membahas peluang dan tantangan untuk program kearsipan mendatang. 


Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yaitu Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawain dan Pengelolaan Arsip pada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo. 


Penulis : Luhut

Editor : Rudi