Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 12 September 2023, 23:18 WIB
Last Updated 2023-09-13T01:44:18Z
Pakpak BharatPolisi

Dusun Bulu Didi di Pakpak Bharat Resmi Jadi Kampung Tangguh Bebas Narkoba

Foto bersama usai peresmian kampung bebas Narkoba. (Foto/Harapan)

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Dusun Bulu Didi, Desa Tanjung Meriah, Kecamatan Sitellu Tali Urang (STTU) Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara resmi menjadi kampung tangguh bebas narkoba.


Kapolres Pakpak Barat AKBP Bambang C. Utomo meresmikan langsung dusun Bulu Didi ini sebagai kampung tangguh bebas narkoba, Selasa 12 September 2023.


Ini sebagai bentuk komitmen Kepolisian Resor (Polres) Pakpak Bharat, Polda Sumut, mengatasi peredaran narkoba.


"Kampung bebas narkoba ini dibentuk sebagai komitmen Polres Pakpak Bharat dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkotika dan menyelamatkan generasi penerus bangsa Indonesia khususnya di kabupaten ini," kata AKBP Bambang.


Bambang merinci sejumlah kasus tindak pidana narkotika yang ditangani sejak Januari sampai awal September 2023.


Menurutnya, pengungkapan kasus dalam 9 bulan ini menunjukkan masih banyak kasus peredaran yang harus terus diselidiki dan diungkap ke publik.


Oleh karena itu, jajaran Polres Pakpak Bharat mendirikan kampung bebas narkoba dengan harapan dapat mencegah peredaran serta penggunaan obat-obat terlarang.


Ia berharap aparat kepolisian dan masyarakat dapat bekerja sama untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan penyalahgunaan dan peredaran narkotika sehingga bisa segera ditindaklanjuti oleh penegak hukum.


Kapolres juga berharap kehadiran kampung tangguh bebas narkoba bisa mencegah penyalahgunaan narkotika seperti ganja, sabu, ekstasi dan obat-obatan terlarang lainnya di Kabupaten Pakpak Bharat.


"Masyarakat bisa melaporkan hal tersebut melalui kampung tangguh ini, nanti pihak kami memberikan kontak pengaduannya," katanya.


Kepala Desa Tanjung Meriah, menyatakan komitmen pemerintah desa dan masyarakat untuk mendukung fungsi kampung tangguh bebas narkoba.


Ia siap berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dan mendukung pemberantasan narkoba di desa tersebut atau wilayah lain di Kabupaten Pakpak Bharat.


"Kami akan selalu berkoordinasi dengan Babinkamtibmas maupun Babinsa," katanya.


Penulis : Harapan

Editor : Rudi