Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 23 September 2023, 11:21 WIB
Last Updated 2023-09-23T04:21:16Z
DairiFestival belajar lokalPendidikan

Dinas Pendidikan Dairi Festival Lokal Belajar

Foto bersama usia acara festival belajar lokal. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Dairi menyelenggarakan Festival Lokal belajar.id tahun 2023 


Acara itu bertemakan “Transformasi digital pendidikan dengan pemanfaatan akun belajar. id".


Diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi di Aula Dinas Pendidikan Dairi, Sidikalang, Jumat 22 September 2023.


Ini pertama kalinya digelar di Sumatera Utara. 


Diikuti Kepala Sekolah PAUD, SD, SMP, dan SMA beserta guru-guru perwakilan se-Kabupaten Dairi. 


Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu.


Eddy mengatakan melalui platform merdeka belajar seperti belajar.id, para tenaga pendidik mempunyai kemudahan untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi kapan pun dan dimana pun.


"Ini kesempatan yang luar biasa bagi kita. Dairi menjadi salah satu dari 25 daerah se-Indonesia yang dipercaya menyelenggarakan Festival Lokal belajar.id tahun 2023 ini," tuturnya.


Diungkapkan Eddy Berutu, prestasi ini tidak lepas dari upaya Pemkab Dairi secara khusus Dinas Pendidikan bersama seluruh pihak terkait yang sigap bergerak cepat mengambil kesempatan dan menjadi bagian penting dari 25 daerah lain.


"Mari terus bergerak memberikan peran terbaik guna mempersiapkan anak didik kita menjadi generasi yang cerdas, berdaya saing dan tanggap teknologi," katanya.


Kacabdis Pendidikan Wilayah IV Sumatera Utara Salman menjelaskan bahwa Festival belajar.id adalah sebuah rangkaian acara yang diadakan untuk memberdayakan, memampukan, dan mengapresiasi para pendidik dan peserta didik dalam komunitas belajar.id dan institusi yang bergerak di bidang Pendidikan. 


Tujuannya dapat memanfaatkan akun belajar.id untuk peningkatan mutu pembelajaran.


"Terselip dalam kegiatan ini adalah semangat berkompetisi. Sesungguhnya guru-guru yang ikut serta dalam festival ini adalah guru-guru penggerak di mana mereka bekerja mendorong memberi pemahaman baru lewat platform merdeka belajar yang harus diikuti stakeholder tenaga kependidikan. Karena Pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama maka mari kita tunjukkan tanggung jawab kita itu. Semoga partisipasi ini akan berimbas pada dunia pendidikan di Dairi," katanya.


Terakhir, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima sertifikat penghargaan atas perannya selama ini mendorong pemanfaatan akun belajar.id di lingkungan Pemkab Dairi, secara khusus pada Dinas Pendidikan Dairi.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi