Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 27 September 2023, 13:34 WIB
Last Updated 2023-10-30T06:45:13Z
Cerdas CermatGenerasi emasPelajarTaput

Buka Cerdas Cermat Tingkat SD Se-Kabupaten Taput, Bupati Dorong Generasi Emas

Bupati Taput Nikson Nababan menyapa peserta. (Foto/Istimewa).

TAPUT, Tarutung – nduma.id


Bupati Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si, resmi membuka Cerdas Cermat Tingkat SD se-Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023.


Acara berlangsung di Aula SMA HKBP 2 Tarutung, 26 September 2023 dihadiri 90 peserta terbaik dari sekolah-sekolah di Kabupaten Tapanuli Utara.


Kompetisi ini merupakan wahana strategis dalam menciptakan generasi penerus yang kokoh, kompetitif, dan mandiri.


Bupati Nikson menekankan bahwa bagi peserta lomba, kegiatan ini adalah kesempatan untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan prestasi di bidang pendidikan.


Dia juga mengingatkan para peserta untuk menjaga nama baik sekolah, menghargai guru, serta menjadi kebanggaan Kabupaten Tapanuli Utara.


“Saya menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi, anak-anak kami peserta cerdas cermat ini adalah murid terbaik di kecamatan masing-masing. Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi siswa/siswi mengembangkan kepribadian yang maju dan unggul serta menjadi yang terbaik di bidangnya,” kata Nikson.


Kepada para peserta Cerdas Cermat Nikson menyampaikan tidak ada warisan yang lebih baik dan yang lebih mulia selain generasi emas.


“Tidak ada warisan yang lebih baik dan yang lebih mulia yang akan kita berikan kepada bangsa ini kecuali generasi yang siap memajukan, mengembangkan dan membangun bangsa. Dan itu ada pada diri anak-anak yang sekarang ini sedang mengikuti pelaksanaan Cerdas Cermat Tingkat SD se-Kabupaten Tapanuli Utara,” ujarnya.


Peserta cerdas cermat menjawab pertanyaan. (Foto/Istimewa).

Pelaksanaan Cerdas Cermat Tingkat SD se-Kabupaten Tapanuli Utara 2023 melalui tahap penyisihan ujian tertulis, di mana 10 Tim terbaik akan terpilih untuk melaju ke tahap berikutnya.


Enam Tim dengan nilai tertinggi kemudian akan melanjutkan ke Tahap Grand Final untuk memperebutkan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, dan Harapan III.


Setelah melalui seleksi ketat, hasil penilaian Tim Juri menempatkan SD Santa Lusia Siborongborong sebagai Juara I, SD N 173132 Sipoholon sebagai Juara II, dan SD N 175765 P. Saiandomang Garoga sebagai Juara III.


“Cerdas Cermat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya akselerasi kebangkitan bangsa dalam menyiapkan generasi emas yang cerdas dan kompetitif. Saya yakin dan percaya dalam penyelenggaran Cerdas Cermat hari ini dapat terpilih yang terbaik yang nantinya bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Tapanuli Utara,” tandas Nikson.


Kegiatan Cerdas Cermat ini menjadi salah satu langkah nyata Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat SD sebagai pondasi bagi jenjang yang lebih tinggi.


Semoga dengan adanya kegiatan ini, generasi muda Tapanuli Utara semakin berkualitas dan mampu menjadi pionir pembangunan daerahnya.


Kadis Pendidikan Tapanuli Utara Bontor Hutasoit dalam laporannya, Cerdas Cermat Tingkat SD ini akan menyaring Juara I, II III dan Juara Harapan I, II III.


Peserta Juara I, mendapat uang pembinaan senilai Rp. 7.000.000 ( Tujuh Juta Rupiah), Medali dan Trophy.


Peserta Juara II, mendapat uang pembinaan senilai Rp. 6.000.000 ( Enam Juta Lima ratus Rupiah), Medali dan Trophy.


Peserta Juara III, mendapat uang pembinaan senilai Rp. 5.000.000 ( Lima Juta Rupiah) Medali dan Trophy.


Juara Harapan I, mendapat uang pembinaan senilai Rp. 4.000.000 ( Empat Juta Rupiah) Medali dan Trophy.

 

Juara Harapan II, mendapat uang pembinaan Senilai Rp. 3.000.000 ( Tiga Juta Rupiah) Medali dan Trophy Dan Juara Harapan III, mendapat uang pembinaan senilai Rp. 2.000.000 ( Dua Juta Rupiah) Medali dan Trophy.


Adapun peserta pelaksanaan Cerdas Cermat Tingkat SD adalah peserta didik SD baik negeri maupun swasta yang masih duduk di kelas V dan VI. 


Peserta Pelaksanaan Cerdas Cermat Tingkat SD berjumlah 90 orang, yang merupakan 2  Tim dari masing-masing Kecamatan se- Kabupaten Tapanuli Utara dengan rincian 3 orang untuk 1 Tim.


Tahap penyisihan dilaksanakan dengan ujian tertulis selama 90 menit dan akan dipilih 10 tim terbaik dengan nilai tertinggi maupun terbaik.


Selanjutnya 6 tim dengan nilai tertinggi akan dilanjutkan ke tahap Grand Final untuk memperebutkan juara I, II, III,  harapan I, harapan II, dan harapan ke III.


Dengan tahapan Grand Final dibagi menjadi 3 babak yaitu soal wajib, soal lemparan dan soal rebutan.


Dana pendukung kegiatan ini seluruhnya adalah Dari APBD Kabupaten Tapanuli  Utara Tahun Anggaran 2023


Penulis : Tulus

Editor : Rudi