Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 25 September 2023, 09:39 WIB
Last Updated 2023-09-25T02:39:39Z
bayiDairiPKKStunting

Ketua PKK Dairi Apresiasi USU Beri Materi Percepat Penurunan Stunting di Sitinjo

Ketua PKK Dairi memantau pemberian gizi bayi. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sitinjo - nduma.id


Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata menghadiri giat percepatan penurunan stunting.


Acara itu dihadiri pemberdayaan kader posyandu dan aparat desa.


Tujuannya memantau status gizi dan pemberian makanan tambahan ibu hamil.


Kegiatan itu berlangsung di Kantor Kepala Desa Sitinjo I, Kecamatan Sitinjo,Sabtu 23 September 2023.


Disana Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata mengapresiasi Universitas Sumatera Utara yang telah membagikan ilmu tentang pencegahan stunting dan makanan bergizi melalui kegiatan profesor mengabdi.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada Prof. Evawany Yunita Aritonang dan tim yang telah hadir dan mau berbagi ilmu dengan kami. Semoga ilmu yang diberikan bisa menjadi ilmu yang berguna, khususnya bagi kader posyandu agar dapat memberikan layanan yang semakin prima,” katanya.


Romy juga menghimbau peran aktif kader posyandu di era transformasi kesehatan agar mampu menciptakan generasi yang sehat, cerdas, tangguh, dan berdaya saing.


“Di era tranformasi kesehatan, kita selaku kader posyandu diminta untuk memiliki 25 kecakapan agar dapat menghadirkan generasi yang tangguh dan memiliki kecerdasan sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia, sehingga nantinya para kader tidak hanya bertugas untuk mengukur tinggi dan berat badan saja, namun juga sudah dapat mengukur tensi dan kadar gula darah,” ucapnya.


Di era transformasi kesehatan, kata Romy Mariani, terdapat beberapa transformasi sistem kesehatan salah satunya berfokus pada layanan primer meliputi pencegahan primer, pencegahan sekunder, serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas layanan primer.


“Posyandu dan kader posyandu di era transformasi kesehatan juga memberikan layanan promotif preventif, yaitu penyuluhan, deteksi dini, rapid test, imunisasi, dan suplementasi,” ujar Romy Mariani.


Lebih lanjut, Romy Mariani juga menyampaikan apresiasi kepada kader posyandu karena telah mengabdi secara sukarela demi kesehatan generasi bangsa.


“Kami sangat menghargai semua kader posyandu yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk mendukung peningkatan kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak. Saya tau, ibu-ibu kader posyandu hanya diberikan gaji 2M alias mandok mauliate (mengucapkan terima kasih),” ucap Romy Mariani sembari melontarkan beberapa candaan.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Dairi Oloan Hasugian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Henry Manik, Inspektur Eddy Benurea, dan Camat Sitinjo Simon Tonny Malau. 


Penulis : Luhut

Editor : Rudi