Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 11 September 2023, 22:19 WIB
Last Updated 2023-09-11T15:19:02Z
DairiDanau TobaPariwisata

Pemkab Dairi Gelar Pelatihan Peningkatan SDM Pariwisata dan Ekraf

Bupati Dairi di acara pelatihan peningkatan SDM Pariwisata dan Ekraf. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi Eddy Berutu membuka pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar, di Aula Hotel Beristera Sitinjo, Senin 11 September 2023.


Dalam sambutannya Eddy mengatakan motivasi untuk menambah pendapatan itu penting tetapi yang lebih penting adalah motivasi pengembangan diri.


“Usia muda butuh sumber daya untuk berkembang. Jika hanya menanti saja, maka setiap perkembangan itu akan terlewatkan. Anda harus semangat pro aktif dan agresif. Pengetahuan adalah hal yang utama untuk mengembangkan diri. Kalau bisa menghasilkan uang sendiri untuk diri sendiri, itu akan jauh lebih baik. Anda semua adalah harapan kita untuk kemajuan Dairi,” kata Eddy Berutu.


Sumatera utara di katakan Eddy punya magnet kuat soal pariwisata, yaitu Danau Toba.


Untuk Kabupaten Dairi, Bupati Dairi menyampaikan akan hadir suatu event internasional yang akan menarik seluruh wisatawan.


Event tersebut adalah jetski yang akan berlangsung di Tao Silalahi pada bulan November 2023.


“Kita harapkan para pembalap dari berbagai negara serta wisatawan akan menghabiskan banyak waktunya di Silalahi. Ini peluang bagi kita, untuk memperkenalkan pariwisata serta budaya kita. Hadirnya wisatawan juga akan memberi dampak untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Silahisabungan,” ujar Eddy Berutu.


Dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata, Eddy Berutu mengutarakan beberapa kemampuan atau keahlian harus dimiliki.


Kemampuan dalam berbahasa inggris adalah hal yang harus dimiliki.


Selain itu, pemahaman tentang suatu produk yang akan dipasarkan harus banyak diketahui.


“Kemampuan berkomunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kritis juga harus dimiliki agar kita bisa menghadapi perkembangan zaman ini,” ucap bupati.


Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparbudpora Roy Sitohang mengatakan pelatihan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 11 September 2023 sampai 13 September 2023.


Diikuti pelaku usaha, pemandu wisata serta kelompok sanggar seni dan tari.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi